Sekda : Tabalong Tunjukkan Keberhasilan Budidaya Padi Gogo

TVTABALONG.COM – Kelompok Tani Kenanga Bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong, 4 April 2019 memanen padi gogo yang dibudidayakan sejak oktober 2018 lalu.

Panen padi gogo di lahan seluar 2 hektar ini, merupakan kegiatan penanganan pasca panen, dan pengolahan hasil pertanian Tabalong tahun 2019.

Budidaya padi gogo yang dikembangkan Kelompok Tani Kenanga Seluas 50 hektar, yang tersebar di beberapa titik di Desa Solan Kecamatan Jaro. Dulunya lahan pertanian ini merupakan kebun karet yang tidak produktif lagi, yang kemudian disulap menjadi lahan pertanian.

Ketua Kelompok Tani Kenanga, Muhammad Bustami mengatakan, hasil pertanian padi gogo yang dibudidayakan pihaknya tahun ini memuaskan. Karena dalam proses tanam hingga panen, pihaknya tidak menemukan kendala berarti.

“ya harapannya kami lebih ditingkatkan lagi dan mudah-mudahan kami bisa mengembangkan dengan lebih baik lagi” kata Bustami

Secara keseluruhan, Tabalong memiliki lahan padi gogo seluas 300 hektar. Sekretatis Daerah Kabupaten Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji mengatakan bahwa budidaya padi gogo Tabalong tahun ini menunjukkan keberhasilan signifikan.

“untuk Tabalong kalau tidak salah ada 300 hektar padi gogo, dan di Sulangai sekitar 50 hektar, ternyata berhasil pola seperti ini, dimana kabupaten lain belum menunjukkan keberhasilannya tetapi Kabupaten Tabalong sudah menunjukkan keberhasilannya”

Baca Juga : Pemkab Siap Dukung Pengembangan Riam Abuya

Setelah panen padi gogo, lahan ini akan kembali ditanami dengan jenis tanaman lain, yang mampu bertahan saat musim kering. Seperti kedelai maupun tanaman cabai. Sehingga lahan tetap produktif, dengan hasil komoditi lainnya.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: