Home Editor's Picks Sasar Pelajar, Kemenag Tabalong Edukasi Soal Pernikahan & Upaya Cegah Stunting

Sasar Pelajar, Kemenag Tabalong Edukasi Soal Pernikahan & Upaya Cegah Stunting

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai upaya memberikan pemahaman pra nikah sekaligus dalam mencegah stunting, Kantor Kementerian Agama Tabalong menggelar bimbingan teknis pada 15 hingga 16 Maret 2023. Bimtek ini menargetkan ratusan pelajar SLTA yang ada di Tabalong.

Sebanyak 116 pelajar yang berasal dari SMAN 1 Tanjung, SMAN 2 Tanjung, SMKN 1 Tanjung, SMKN 1 Murung Pudak, dan MAN 1 Tabalong mengikuti bimbingan teknis yang digelar di aula Kantor Kemenag Tabalong.

Bimtek pra nikah digelar sebagai langkah Kemenag Tabalong dalam mendukung program pemerintah daerah maupun pusat, guna mencegah pernikahan dini, sekaligus memberikan pemahaman dan pendewasaan soal pernikahan kepada pelajar.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tabalong, Sahidul Bakhri, berharap para peserta dapat memahami dengan baik berapa usia pernikahan yang ideal. Sehingga dengan hal tersebut, diharapkan generasi-generasi muda dapat tumbuh kuat, baik dalam bidang ekonomi maupun di bidang pendidikan.

“Harapan kita bagaimana masyarakat kita ini terkait dengan pendewasaan perkawinan itu minimal di umur 19 tahun. Jadi kalau laki-laki dan perempuan itu minimal 19 tahun. Kemudian masyarakat juga harus tahu bahwa usia yang lebih dewasa itu adalah 21 tahun untuk pernikahan mereka. Nah itu diharapkan dengan suami atau calon pengantin yang sudah dewasa ini nantinya akan menumbuhkan generasi-generasi yang kuat. Kuat ekonominya, kuat pendidikannya, kuat yang lainnya, itu yang kita harapkan,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Lakukan Simulasi Pemilu 2024, KPU Tabalong Imbau PPK & PPS Perdalam Regulasi

Sahidul pun selain dalam rangka untuk memberikan pemahaman soal pernikahan, bimtek sendiri juga digelar sebagai langkah untuk mencegah dan menekan angka stunting di Kabupaten Tabalong. Mengingat pernikahan dini ataupun pernikahan yang tidak direncanakan dengan matang merupakan salah satu pemicu dari meningkatnya angka stunting.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment