Home Editor's Picks Sambut IKN, 30 SDM Bumdes di Tabalong Akan Dilatih

Sambut IKN, 30 SDM Bumdes di Tabalong Akan Dilatih

by tabalong hari ini
0 comment

Sebanyak 30 pengelola Bumdes di Kabupaten Tabalong, akan mendapat pelatihan dari BPPMDDTT Banjarmasin, pelatihan pengelolaan Bumdes yang dialokasikan melalui APBN tersebut, baru pertama kali digelar di Tabalong, lantaran akan menjadi daerah penyangga IKN.

Kepastian alokasi pelatihan bagi pengelola Bumdes di Kabupaten Tabalong, disampaikan penggerak swadaya masyarakat balai pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi (BPPMDDTT) Banjarmasin Firman Hernawan, usai melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, pada Selasa 28 Februari 2023, di Kantor DPMD Tabalong, Maburai, Kecamatan Murung Pudak.

Firman mengatakan, pihak balai datang ke Tabalong untuk berkoodinasi, dan survei lokasi rencana pelaksanaan pelatihan pengelolaan Bumdes, survei dilakukan di Taman Wisata Menanti Laburan, Desa Padang Panjang, dan Taman Edukasi Desa Harus, survei sekaligus meninjau pengelolaan Bumdes di kedua desa tersebut.

Berdasarkan hasil koordinasi dan survei, pelatihan pengelolaan Bumdes akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2023, sedangkan tema dan lokasi pelatihan diinformasikan lebih lanjut.

Firman menuturkan, seluruh biaya pelatihan menggunakan dana APBN, yang dianggarkan melalui BPPMDDTT Banjarmasin, hal ini lantaran Kabupaten Tabalong menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat, sebagai daerah penyangga IKN nantinya.

“Jadi mungkin untuk teman-teman bumdes kami harapkan kalo memang teman-teman merasa membutuhkan pelatihan, dengan adanya kesempatan ini teman-teman bumdes bisa memanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa mendaftarkan mengikuti pelatihan ini,” kata Firman.

Baca Juga  ANBK Jadi Momen Peningkatan Sumber Daya Manusia

Firman menambahkan, pelatihan pengelolaan Bumdes yang baru pertama kali digelar di Tabalong ini, terbatas untuk 30 Bumdes. Jika respon dan antusias yang diberikan cukup baik, maka akan menjadi masukan agar pelatihan di Tabalong diprogramkan setiap tahunnya.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment