Home Editor's Picks Rumah Relokasi Warga Ujung Murung Rampung, Disperkim: Tunggu Sistem Sanitasi

Rumah Relokasi Warga Ujung Murung Rampung, Disperkim: Tunggu Sistem Sanitasi

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Tabalong telah merampungkan pengerjaan pembangunan rumah untuk merelokasi warga Ujung Murung yang berada di kawasan rawan bencana. Meskipun rampung, namun masih ada sejumlah unit rumah yang belum selesai pembuatan sanitasi oleh Dinas PUPR Tabalong.

Begitulah kondisi di area kawasan yang menjadi tempat relokasi para warga Ujung Murung di RT 2 Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung, yang terpantau pada Jumat, 12 Mei 2023.

Sebanyak 15 unit rumah telah rampung dibangun oleh Disperkim Tabalong. Seluruh rumah tersebut juga telah terpasang listrik dan jaringan air bersih. Bahkan jalan lingkungan yang menjadi kewenangan Disperkim Tabalong skini telah dilakukan perkerasan dan dapat dilalui oleh masyarakat.

Selain itu, setiap rumah juga telah disediakan tempat sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Tabalong. Meski bangunan utama rumah dan fasilitas pendukung telah rampung, namun menurut data Disperkim Tabalong, terdapat 8 unit rumah yang masih dalam proses pembuatan sistem sanitasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong.

Sementara menunggu pembangunan tersebut, rencananya Dinas PUPR Tabalong akan menyediakan toilet portable di area ini.

“Disperkim sendiri kita telah selesai untuk rumahnya, kemudian karena ini juga kolaborasi melibatkan beberapa dinas pekerjaannya ini antara lain PUPR dan juga dari dinas lingkungan hidup. Jadi dinas lingkungan hidup jadi sudah ke lapangan, PUPR juga sudah ke lapangan. Dinas lingkungan hidup terkait nanti pembuatan tempat penampungan sampah sementara dan untuk menghandle sampahnya, kemudian untuk air bersih telah masuk total untuk semuanya telah dipasang kemudian tinggal sanitasinya saja. Untuk jalan lingkungannya kita sudah sampai ke perkerasan jadi sudah bisa digunakan dan juga drainasenya pun sudah dalam proses pengerjaan dan hampir selesai,” ujar Erfin Nirza Siregar, Kepala Disperkim Tabalong.

Baca Juga  Biaya Haji 2023 Resmi Ditetapkan

Erfin Nirza Siregar memastikan pengerjaan sanitasi oleh Dinas PUPR tersebut diperkirakan akan segera rampung dalam bulan ini, sehingga diharapkan dapat langsung dimanfaatkan masyarakat.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment