Rumah Potong Hewan Terima Pemotongan Hewan Qurban

by admintv
0 comment

Berdasarkan surat edaran dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Tabalong, untuk menghindari penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di saat momen pelaksanaan ibadah kurban, hewan kurban yang terindasi terkena PMK diwajibkan untuk dipotong di rumah potong hewan.

Meski demikian, pelaksanaan penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di UPT Rumah Potong Hewan Mabu’un, pada minggu 10 Juli 2022 berjalan lancar dan aman. Pasalnya hewan kurban sapi milik masyarakat yang pemotongannya dilakukan di UPT RPH ini, semuanya dalam kondisi sehat, dan tidak ditemukan adanya indikasi PMK.

Pengelola UPT Rumah Potong Hewan, Bahrani menjelaskan, sebelum dilakukan pemotongan di rumah potong hewan, semua sapi sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan oleh dokter hewan atau paramedik veteriner. Selain itu, sapi yang tiba di RPH ini langsung disemprot disinfektan oleh petugas.

“dibeli dibawa kesini langsung disemprot, mobilnya disemprot, sapi nya disemprot jadi itu antisipasi nya. Alhamdulillah saat ini kadada gejala-gejala kadada timbul” Kata  Bahrani, Pengelola UPT Rumah Potong Hewan

Bahrani menambahkan, pihaknya juga sudah memahami prosedur penyembelihan hewan yang terindikasi PMK. Seperti wajib melalui serangkaian tahapan biosecurity di rumah potong hewan, sebagai upaya pencegahan agar virus tersebut tidak menyebar ke hewan ternak lainnya. Pasalnya virus pmk merupakan virus yang penyebarannya sangat cepat, antar hewan ke hewan. (Nova Arianti, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment