Warga Sambut Baik Pemeliharaan Jalan Wirang – Upau

by tabalong hari ini
0 comment

Pengaspalan dilakukan di jalan kabupaten dari Desa Wirang RT 6 hingga Desa Marindi RT 1, Kecamatan Haruai, seperti yang terpantau pada 15 Juli 2022. Pemeliharaan jalan dilakukan dengan pengaspalan, kurang lebih sepanjang 550 meter.

Dinas PUPR Tabalong juga melakukan pemeliharaan jalan sepanjang 50 meter di Desa Marindi RT 2, dan 100 meter di gerbang masuk Desa Kinarum, Kecamatan Haruai. Pemasangan beton precast juga dilakukan pada dua titik ruas jalan ini.

Total panjang pemeliharaan jalan di ruas Simpang Empat Wirang – Kinarum hingga Upau ialah 700 meter, dengan lebar 4,5 meter. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tabalong, Sunengsi, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

 “Untuk pemeliharaan jalan simpang 4 Wirang – Kinarum – Upau itu ada pengaspalan sepanjang 700 meter, kemudian lebar 4,5 meter. Kemudian juga ada pemasangan precast yang berfungsi sebagai gorong-gorong pada dua titik,” terangnya.

Warga Desa Marindi RT 1, Mahmud menyambut baik, pemeliharaan jalan yang dilakukan di depan rumah sekaligus toko sembako miliknya, karena dinilai akan memperlancar arus transportasi usahanya.

“Ya bagus memperlancar usaha kami dan jalan warga juga enak. (sebelumnya pang pak bagaimana kondisi jalan disini?) Hancur, hancur bangat. (apakah menyebabkan banjir jua pak atau becek kah?) Banjir, menyebabkan banjir.”

Kata Mahmud, Warga Marindi RT 1.

Warga desa wirang rt 6, sairi susanto berharap, dengan adanya pemeliharaan jalan maka arus lalu lintas masyarakat menjadi lebih lancar. Sairi juga menceritakan, sebelumnya kerusakan jalan disebabkan air hujan yang tergenang, sehingga ia mengusulkan agar jalan dilengkapi dengan drainase.

 “Ini sudah ada contohkan yang dulu, berapa tahun kah…sekitar 2 tahun lah ada diaspal, sebentar aja sudah tekuyakan. Jadi kalo bisa tu bikinkan drainasenya, jadi saluran-saluran air ni anu…lancar, aspalnya kuat, kada tekelupas lagi,”

Kata Sairi Susanto, Warga Wirang RT 6.

Pemeliharaan jalan Simpang Empat Wirang – Kinarum hingga Upau, satu paket pekerjaan dengan pemeliharaan jalan Bangkar – Muara Uya. Pemeliharaan jalan menggunakan APBD Induk Kabupaten Tabalong Tahun 2022, kurang lebih sebesar 1,6 milyar rupiah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment