Home Editor's Picks Roadshow Budaya II Cara Jaga Eksistensi Budaya

Roadshow Budaya II Cara Jaga Eksistensi Budaya

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagai upaya pelestarian seni budaya di tengah masyarakat, Pawadahan Utuh Diyang Tanjung menggelar roadshow budaya untuk yang kedua kalinya. Roadshow budaya tersebut menampilkan kesenian madihin, musik panting, tari banjar, tari dayak, hingga penampilan band.

Roadshow budaya dua dengan tema the garden of culture, digelar pada Sabtu 11 Februari 2023, di Taman Wisata Menanti Laburan, Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta. Sebelumnya roadshow budaya pertama digelar di Riam Bidadari, Desa Teratau, Kecamatan Muara Uya, pada Tahun 2022.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong, Masdulhak Abdi mengatakan, roadshow budaya digelar ke tengah masyarakat seperti di tempat-tempat wisata, sebagai upaya mendekatkan, dan memberikan edukasi bahwa seni budaya perlu dilestarikan. Sekaligus memperkenalkan, dan meramaikan destinasi wisata yang menjadi tempat pagelaran roadshow budaya.

Untuk dapat menyaksikan suguhan roadshow budaya dua, para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah. Masdulhak Abdi pun menjelaskan, hal ini untuk menunjukkan seni budaya itu bernilai ekonomi kreatif, sehingga eksistensinya pun tetap terjaga.

“Tentunya seni budaya ini bukan lagi sesuatu yang asing di mata masyarakat, dan kita berharap seni budaya ini jadi suatu komponen, komponen yang menjadikan ini sesuatu yang bernilai tambah, tentunya bernilai ekonomi kreatif. Jadi masyarakat itu betul-betul ketika mereka disajikan suguhan yang baik. Jadi mereka bisa mengorbankan waktu, tenaga, mungkin juga materi yang tentunya semua ini bisa menambah asupan keberlangsungan seni budaya itu tetap eksis di daerah ini,” tutur Masdulhak Abdi.

Baca Juga  Ratusan Atlet Porprov Tabalong Ikuti Uji Kebugaran

Masdulhak Abdi berharap, roadshow budaya dapat berlanjut hingga menyeluruh ke 12 kecamatan se-Kabupaten Tabalong, bahkan ke kabupaten atau provinsi lain.

Melalui roadshow budaya, Pawadahan Utuh Diyang Tanjung membangun jejaring para pelaku seni budaya, pasalnya dalam hal pelestarian seni budaya diperlukan kolaborasi berbagai pihak. Pada roadshow budaya kali ini, Pawadahan Utuh Diyang Tanjung berkolaborasi dengan Putra Putri Pariwisata, Forum Anak Daerah, Generasi Tabalong, dan Skylacoustic.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment