Reservat Perikanan di Danau Undan, Tepatkah?

Komisi dua DPRD Tabalong minta Dinas Perikanan mengkaji kembali, rencana Dinas Perikanan untuk menjadikan danau undan sebagai reservat perikanan Tabalong, serta rencana restocking ikan di danau tersebut.

Sebelumnya, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Kalimantan Selatan, berencana akan menebar sekitar 6 ratus 50 ribu bibit ikan di Tabalong. Danau undan serta bendungan sempalang menjadi alternatif pilihan untuk restocking ikan.

Menindaklanjuti program tersebut, Dinas Perikanan berencana menjadikan danau undan sebagai reservat perikanan Tabalong. yang mana bila menjadi reservat perikanan, maka aktivitas tangkap ikan tidak diperbolehkan di tempat tersebut.

Menanggapi rencana Dinas Perikanan, menjadikan danau undan sebagai reservat perikanan Tabalong, ketua komisi dua DPRD Tabalong Aries Heryanto, meminta Dinas Perikanan untuk melakukan kajian yang komprehensif, terkait rencana tersebut.

Menurutnya sumber daya alam, seperti ikan di danau dengan luasan sekitar 200 hektar tersebut, menjadi mata pencaharian sekunder masyarakat sekitar. Selain itu habitat ikan di danau undan, masih melimpah.

Restocking ikan ini sendiri merupakan rencana program Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, sebagai bentuk pelestarian dan pengendalian sumber daya alam.
www.tvtabalong.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: