Home Editor's Picks Ratusan Calon Jamaah Haji Ikuti Pembekalan dan Manasik Haji Akhir

Ratusan Calon Jamaah Haji Ikuti Pembekalan dan Manasik Haji Akhir

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan calon jamaah haji dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan mengikuti manasik haji massal di halaman pendopo Bersinar Pembataan, Rabu 3 Mei 2023. Manasik haji ini digelar untuk memastikan kesiapan calon jamaah haji yang berangkat tahun 2023.

Sebanyak 455 calon jamaah haji yang berasal dari Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjarmasin, dan Barito Timur Kalimantan Tengah mengikuti pembekalan dan praktek massal amaliyah armuna. Dipimpin langsung oleh Ustadz Amhad Rijzani Asmail, pengasuh Majelis Ta’lim Haji dan Umrah Terpadu Tabalong, para calon jamaah haji ini mempraktekkan sejumlah rangkaian ibadah haji, seperti berihram, wukuf di Arafah, menginap atau mabit di Muzdalifah, thawaf atau mengelilingi Ka’bah, sa’i atau berlari kecil dari Shafa ke Marwah, dan melempar jumroh hingga bimbingan jasmani dan rohani.

Pimpinan Majelis Ta’lim Haji dan Umrah Terpadu Tabalong, Ustad Ahmad Rijani Asmail, mengatakan bahwa manasik haji masal ini digelar agar para calon jamaah haji lebih siap dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Mengingat di tahun 2023, pemerintah Arab Saudi telah membuka kuota haji menjadi normal kembali.

“Dengan harapan ini bisa menjadikan gambaran buat jemaah apa yang pelajari dengan sistem teori bisa diaplikasikan hari ini, karena tahun ini sistem haji itu akan berubah. Kalau di tahun kemarin yang berangkat haji dibatasi hanya di bawah satu juta, hanya sekitar sembilan ribu sekian untuk pelaksanaan haji tahun kemarin, sedangkan untuk di tahun 2023 ini Saudi sudah membuka kuota normal, kisaran yang akan berhadir haji tahun ini sekitar 2,5 sampai 3,7 juta yang akan berhaji. Tentu hal ini membutuhkan kesiapan secara fisik, mental, pengetahuan,” ujar Ust. Ahmad Rijani Asmail.

Ustad Ahmad Rijani Asmail menambahkan bahwa berdasarkan informasi dari Provinsi Kalimantan Selatan, di tahun ini sebanyak 180 orang lebih jamaah haji lanjut usia yang tentunya memerlukan perhatian khusus. Sehingga dengan adanya praktek massal ini dapat memberikan gambaran untuk jamaah lansia bagaimana mengatur fisik, waktu, dan kesehatan.

Diperkirakan calon jamaah haji kluster Tabalong akan berangkat antara tanggal 27 hingga 29 Mei 2023.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment