Raperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah Diparipurnakan

by admintv
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong dan DPRD Tabalong, menyampaikan pendapat akhirnya dan menyepakati Raperda Inisatif DPRD tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah, dalam Rapat Paripurna DPRD ke-11 Masa Sidang Dua tahun 2022, pada 7 juli 2022. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Tabalong, Akhmad Helmi mengatakan, raperda akan menjadi dasar hukum penyelenggaran penanggulangan bencana daerah, baik bagi pemerintah daerah, pihak swasta, maupun masyarakat.

Akhmad Helmi menjelaskan, munculnya raperda inisiatif DPRD ini berdasarkan aspirasi masyarakat, dan kondisi penanggulangan bencana di lapangan yang kurang terkoordinir. Dimana bantuan dari pemerintah daerah dan pihak swasta kepada korban bencana tidak melalui satu pintu, sehingga dinilai kurang berjalan maksimal.

Pada kesempatan ini, Akhmad Helmi juga mengapresiasi, partisipasi masyarakat melalui UPBS dan kelompok-kelompok swasta yang menjadi ujung tombak penanggulangan bencana daerah. Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat jadi salah satu perhatian dalam raperda, seperti penganggaran jaminan sosial dan pelatihan penanganan bencana.

“Kami berharap dengan adanya raperda ini, pemerintah daerah akan mengalokasikan dana yang sesuai kemampuan daerah untuk penanggulangan bencana, baik itu yang dilakukan oleh pihak pemerintah sendiri maupun yang akan dilaksanakan pihak swasta.” kata Akhmad Helmi

Akhmad Helmi menuturkan, sebelumnya Raperda disusun melalui kajian akademisi yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Hukum Provinsi Kalsel, dan difasilitasi Biro hukum Provinsi Kalsel. Ia pun memperkirakan, penerapan Raperda Penyelenggaran Penanggulangan Bencana Daerah paling lambat satu tahun, sembari menunggu peraturan pelaksanaannya dari Pemkab Tabalong. (Alfi).

Related Articles

Leave a Comment