Puluhan Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai Tabalong & Cek Dam Desa Nawin

TVTABALONG.COM – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perikanan Tabalong, menebar puluhan ribu ekor benih ikan, di perairan Sungai Tabalong tepatnya di Kecamatan Bintang Ara, dan Cek Dam Desa Nawin Kecamatan Haruai. Jenis ikan yang ditebar pada 30 April 2019 ini, meliputi gurame, papuyu dan baung.

Jenis ikan di tebar di perairan Sungai Tabalong di Kecamatan Bintang Ara meliputi benih ikan baung sekitar 10 ribu ekor dan benih ikan gurame sekitar 2 ribu ekor. Sementara penebaran benih ikan yang ditebar di cek dam RT. 10 Desa Nawin Kecamatan Haruai, meliputi benih ikan papuyu sebanyak 13 ribu ekor.

Penebaran benih ikan di perairan bebas ini, upaya Dinas Perikanan menjaga kelestarian sumber daya perairan terutama komoditas ikan.

Kepala Bidang Penangkapan dan Pengawasan Dinas Perikanan Tabalong, Muhammad Agus Norrahman, meminta masyarakat sekitar menjaga kelestarian perairan. Sehingga komoditas ikan yang di tebar, dapat terjaga.

“yang perlu diperhatikan adalah kami harapkan peran serta masyarakat untuk menjaga kawasan sungai, seperti halnya untuk tidak melakukan penangkapan ikan menggunakan setrum” kata Agus

Kemudian juga dilarang membuang sampah pada lingkungan sungai sehingga kondisi sungai tetap begitu baik dan lestari

“dengan kondisi sungai yang baik kita harapkan popolasi ikan yang kita tebar pada hari ini dapat hidup atau berkembang lebih baik lagi”

Penebaran benih ikan ini mendapat sambutan baik dari kecamatan dan desa setempat. Guna menjaga kelangsungan kehidupan komuditas ikan, pihaknya siap menjaga kelestarian sungai.

Penebaran benih ikan ini mendapat sambutan baik dari kecamatan dan desa setempat. Guna menjaga kelangsungan kehidupan komuditas ikan, pihaknya siap menjaga kelestarian sungai.

yang nyetrum tidak boleh sesuai undang-undang kita” tegas Camat Bintang Ara, Suryadi

“dan termasuk mungkin ada jala tangkap tidak sesuai aturan, termasuk pengobatan putas warga. Yang suka memutas kami dan Muspika berharap udah jangan sampai terjadi seperti itu”

“kegiatan ini berawal dari sebuah permohonan kami di Desa Nawin khususnya mewakili warga Trans Nawin menyambut adanya dari program Dinas Perikanan” Kata Kades Nawin, Marhani

Hal itu tentu didasari adanya kemauan dan keinginan bersama masyarakat Nawin untuk menjadikan kawasan ini kaya yang sumber daya  ikan

“Dan kami sebelumnya mewanti-wanti kepada masyarakat sekitar agar menjaga dari tangan nakal”

Dinas Perikanan Tabalong, tahun 2019 ini akan menebar sekitar 88 ribu ekor benih ikan di perairan bebas Tabalong. Jenis ikan di tebar meliputi gurame, papuyu dan baung, untuk menjaga kelestarian sumber daya perairan terutama komoditas ikan.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: