PT Pertamina Luncurkan “Tanjung Polymer Field Trial”

TVTABALONG.COM – Sebagai upaya meningkatkan produksi minyak di wilayah Tabalong, PT Pertamina EP Asset 5 Tabalong, meluncurkan program Tanjung Polymer Field Trial.

Peluncuran program ini didasari karena produksi minyak Tabalong yang menurun, akibat  banyaknya lapangan minyak yang telah lama beroperasi.

Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf menuturkan, wilayah Tabalong memiliki potensi besar, karena mempunyai cadangan minyak sekitar 620 juta barel.

Baca : Tingkatkan Produksi Minyak, PT. Pertamina Mulai Uji Coba Metode Injeksi Polymer

Tetapi eksploitasi belum maksimal, sehingga diperlukan metode Injeksi Polymer, yang mana metode ini dinilai mampu meningkatkan produksi, tetapi tetap ramah lingkungan.

Asisten III Bidang Administrasi Tabalong, Nanang Mulkani mengatakan, Pemkab Tabalong mendukung gerakan Pertamina untuk tingkatkan produksi minyak di Tabalong.

Peningkatan produksi dinilai dapat mendorong pendapatan daerah serta perekonomian masyarakat.

PT Pertamina Ep Asset 5 Tabalong, saat ini telah melakukan percobaan di satu titik sumur produksi di Desa Masukau, dengan menerapkan Injeksi Polymer yang telah diteliti sejak 2016 lalu.

Sedangkan kriteria lokasi penerapan metode polymer ialah sumur yang sudah lama beroperasi yang produksi minyaknya mulai kurang.

Selama masa percobaan 11 bulan, apabila minyak yang dihasilkan sesuai diharapkan, maka nantinya metode tersebut akan diterapkan pada seluruh titik sumur penghasil minyak di Tabalong.

PT Pertamina memperkirakan produksi minyak bisa mulai meningkat tahun 2021, dengan puncak produksi 25 ribu barel perhari di tahun 2034.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

1 thought on “PT Pertamina Luncurkan “Tanjung Polymer Field Trial”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: