Home Editor's Picks Prolanis Kurangi Resiko Komplikasi Hipertensi & Diabetes

Prolanis Kurangi Resiko Komplikasi Hipertensi & Diabetes

by tabalong hari ini
0 comment

Guna meningkatkan kesehatan masyarakat Tabalong khususnya di wilayah Kecamatan Tanta, Puskesmas Tanta melaksanakan Prolanis atau program pengendalian penyakit kronis, Kegiatan tersebut menyasar para pasien bpjs kesehatan yang menderita penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes melitus.

Puskesmas Tanta melakukan pemeriksaan 50 pasien penyakit tidak menular berupa hipertensi dan diabetes melitus pada 28 Januari 2023. Pemeriksaan ini merupakan bagian dari program pengendalian penyakit kronis, prolanis, yang dikerjasamakan dengan BPJS Kesehatan.

Pada pemeriksaan ini, pasien diambil darahnya untuk mendapat pengecekan laboratorium yang dilakukan oleh klinik swasta di Tabalong, untuk pemeriksaan profil lipid, fungsi ginjal dan juga pemeriksaan kadar glukosa yang terikat dengan hemoglobin.

Dokter Nindya Susiarini selaku dokter umum Puskesmas Tanta  sekaligus penanggung jawab kegiatan Prolanis mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi risiko tinggi terjadinya komplikasi dari penyakit hipertensi dan diabetes melitus yang diderita pasien.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini partisipasi atau kesadaran dari pasien untuk secara aktif terlibat dalam pengendalian penyakit ini jadi semakin meningkat, karena memang tingkat kepatuhan tingkat keteraturan pasien dalam melakukan pemeriksaan teratur itu masih sangat perlu ditingkatkan jadi perlu sekali kesadaran dari masyarakat yg sudah menderita hipertensi dan DM agar melakukan pemeriksaan rutin serta meminum obat nya,” harapnya.

Dokter Nindya mengimbau kepada masyarakat umum dan masyarakat dengan resiko hipertensi dan resiko diabetes melitus, agar dapat menerapkan pola hidup sehat, Terlebih kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang saat ini tidak hanya dapat menyerang orang tua usia lanjut, namun juga dapat menyerang semua kalangan usia, termasuk yang masih berada di usia muda.

Baca Juga  Penguatan SDM Jadi Prioritas Usulan Musrenbang Haruai

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment