Program Inovasi Layanan Sejuta Hati Bawa Posyandu Melati ke 6 Besar Nasional

TVTABALONG.COM – Pos pelayanan terpadu berperan memastikan ibu dan anak di setiap pelosok daerah mendapatkan pelayanan kesehatan rutin setiap bulannya. Jika umumnya kegiatan posyandu dibuka sebulan sekali di lokasi posyandu, berbeda halnya dengan yang dilakukan kader Posyandu Melati Desa Sungai Rukam I Kecamatan Pugaan.

Baca : Posyandu Melati Desa Sungai Rukam Masuk 6 Besar di Lomba Posyandu Nasional

Selain menyediakan pelayanan kesehatan di lokasi posyandu, para kader juga rutin memantau warga binaannya dengan mendatagi mereka ke rumah-masing-masing, melalui program unggulan mereka Layanan Sejuta Hati. Kegiatan layaknya sweeping tersebut dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan posyandu.

 “sebelum hari H, kami (para kader) mendatangi ke setiap rumah balita dan bayinya, agar orang tuanya datang ke posyandu kami setiap bulannya” jelas Kader Posyandu Melati, Miftahur Rahmah

Baca : Beda, Posyandu Melati Terapkan Pelayanan 8 Meja di Tiap Kegiatan Posyandu

Dengan sistem layanan sejuta hati, partisipasi masyrakat dalam mengikuti posyandu tergolong tinggi. Kepala Dinas Kesehatan Tabalong dr. Taufiqurrahman Hamdie mengatakan, melalui pelayanan ini, hampir seluruh warga binaan posyandu di Desa Sungai Rukam 1 terpantau.

 “dari sisi partisipasi masyarkatnya 100 persen” kata dr.Taufiq

“artinya seluruh balita di wilayah posyandu ini terpantau status gizinya dan keaktifan mereka untuk ke posyandu untuk memantau status gizi maupun kegiatan-kegiatan lain. Itu salah satu keunggulannya

“seluruh balita tidak ada yang tidak terpantau Posyandu”

Pelayanan Posyandu Melati, melibatkan 10 orang kader, yang mana masing-masing kader bertanggungjawab terhadap 8 hingga 9 orang bayi dan balita, sehingga pelayanan utama seperti imunisasi dapat diberikan pada seluruh anak.

 “Ada inovasi gerbang sejuta hati, di program ini 1 orang kader bertanggung jawab terhadap 8 atau 9 bayi” jelas Kades Sungai Rukam 1, Hasan

“1 kader bertanggung jawab sampai bayi tersebut sukses diimunisasi”

Posyandu Melati Sungai Rukam 1 Kecamatan Pugaan ini yang sebelumnya terpilih sebagai posyandu terbaik tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun lalu, dan  kini posyandu ini  masuk nominasi 6 besar tingkat nasional,yang tengah bersaing dengan sejumlah provinsi di Indonesia lainya.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: