Produksi Buah Lokal Menurun, Dinas Pertanian Gelar Bimtek Perbaikan Budidaya Buah Unggulan

Keberadaan buah lokal di Tabalong semakin menurun, disebabkan budidaya tanaman buah yang masih kurang. Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pertanian mengadakan pelatihan perbaikan budidaya buah unggulan daerah dan tanaman hias kepada peserta kelompok tani di kabupaten Tabalong.

Potensi buah lokal di Kabupaten Tabalong terdiri dari buah tropis, seperti pisang, jeruk, durian, nangka, langsat, lengkeng, mangga, rambutan, dan manggis. Namun, produksi buah lokal dinilai masih kurang, karena ketersedian buah lokal kurang dan masih dianggap musiman.

Untuk meningkatkan produktivitas buah lokal, Dinas Pertanian Tabalong mengadakan bimbingan teknis, perbaikan budidaya tanaman buah dan tanaman hias. Bimbingan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari, petani dan petugas lapangan Dinas Pertanian Tabalong.

Melalui bimbingan ini, Kepala Dinas Pertanian Tabalong, H. Johan Noor Effendi mengharapkan, lebih memfokuskan pembudidayaan tanaman buah lokal. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, diharapkan buah lokal dapat berbuah secara rutin, tidak bersifat musiman.

Ketua kelompok tani Budi Luhur Desa Burum, Hamid Fahmi menceritakan, masa panen tanaman miliknya tidak menentu. Selain karena ilmu budidaya tanaman hortikultura yang kurang, juga disebabkan faktor cuaca ekstrem.
Hamid berharap, melalui bimbingan ini, dirinya mendapat ilmu cara membudidayakan tanaman buah dan tanaman hias yang benar. Dengan hasil produksi yang meningkat dan kualitasnya lebih bagus.(tvtabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: