Ponpes Tahfidz Terpadu Nurul Musthofa Gelar Munaqasah

by tabalong hari ini
0 comment

Para santri program Takhasus pertama Pondok Pesantren Tahfidz Terpadu Nurul Musthofa, mengikuti Munaqosah Bil Ghoib, Hafalan Al-Qur’an dari Juz 1 hingga Juz 30. Para santri dari Takhasus 1 sendiri merupakan santri yang bermukim dan diasuh langsung Ketua Yayasan Ponpes Nurul Musthofa, Haji Eva Sudaryono.

Pada kegiatan Munaqosah yang dilaksanakan pada 16 November 2022 ini, para santri yang berasal dari berbagai tingkatan, melafalkan hafalan mereka di hadapan ustadz dan juga santri lainnya. Pada kesempatan ini, sebanyak 2 orang santri telah mencapai hafalan sebanyak 30 Juz Al-Qur’an.

Munaqosah ini merupakan penilaian dan evaluasi untuk para santri. Sehingga para pembimbing dapat memantau perkembangan para santri dalam menghafalkan Al-Qur’an, baik secara pelafalan, tajwid, maupun makhrizul hurufnya.

“Supaya artinya kita bisa mengevaluasi mana-mana yang mungkin kurang hafalannya atau dari pada makharizul hurufnya kurang, atau tajwidnya, panjang pendeknya seumpamanya. Nah itu tujuan kami artinya mengadakan monaqosah ini, makanya artinya monaqosah ini memperbaiki atau mengevaluasi itu mengetahui mana sisi kurangnya atau mana sisi kelebihannya, jadi misal ada kurang nah itu nang perlu kita perbaiki,” terang Muhammad Dzulkifli, Ustadz Ponpes Nurul Musthofa.

Kegiatan Munaqosah ini disambut positif oleh para santri. Pasalnya dengan adanya kegiatan Munaqosah, para santri dapat lebih termotivasi untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an yang mereka miliki. Sehingga pelafalan Al-Qur’an dapat dilakukan dengan lancar dan benar.

“Dengan adanya Monaqosah ini kami semakin semangat menghafal dan murajaah nya karena Monaqosah ini membuktikan bahwa hafalan kami diuji, bukan sekedar hafal tapi juga lancar.” ucap Muhammad Arifin, Santri Ponpes Terpadu Nurul Musthofa.

Sebelum dilaksanakan kegiatan Munuqosah, para santri telah diberikan pembinaan, dengan cara menyetorkan hafalannya setiap hari kepada pembimbing.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment