Pola Asuh Tidak Baik, Berakibat Pada Kondisi Gizi Balita

TVTABALONG.COM – Melalui program seribu hari pertama kehidupan atau HPK, Dinas Kesehatan Tabalong kembali menggalakkan upaya perbaikan gizi balita di Tabalong. Dalam program tersebut, pola asuh menjadi salah satu cara utama yang dapat dilakukan.

Dinas Kesehatan Tabalong menjelaskan, penerapan pola asuh tidak baik berakibat pada kondisi gizi balita. Dan berdampak pula terhadap kualitas sumber daya manusia di Tabalong.

Praktek pengasuhan tidak baik itu, disinyalir karena minimnya pengetahuan kesehatan dan gizi sebelum dan pada masa kehamilan. Tidak didapatnya asi eksklusif bagi anak usia nol hingga 6 bulan. Dan masih adanya anak usia nol hingga 24 bulan yang tidak menerima makanan pengganti asi.

Untuk itu, Dinas Kesehatan terus mengampanyekan program seribu hari pertama kehidupan kepada seluruh masyarakat di Tabalong. Dengan fokus utama yaitu penanganan perbaikan gizi.

Taufik menambahkan, sanitasi juga menjadi pilar dalam perbaikan gizi balita. Dan jika tidak mendapat perhatian khusus dari pola asuh orang tua, maka anak akan mendapat penyakit gizi buruk maupun stunting dan penyakit sejenis lainnya.

(Purnamasari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: