Poktan Bina Usaha Baru Lakukan Syukuran Panen Padi

TVTABALONG.COM – Kelompok Tani Bina Usaha Permata Baru mengadakan syukuran panen padi, sekaligus pengubinan bersama dengan Dinas Pertanian 18 April 2019. Pengubinan untuk mengukur potensi hasil panen yang dicapai dengan luas lahan 20 hektar.

Dari ubinan seluas 2,5 x 2,5 meter, didapati 2,9 kg gabah kering. Menteri Tani Kecamatan Murung Pudak, Zaitun, memperhitungkan, dengan pertanian di lahan 20 hektar, maka mampu menghasilkan beras sebesar 2,5 ton.

“disamping itu disini juga, karena itu wilayahnya perkotaan jadi tidak bisa ekstensifikasi, kalau disini kayaknya berat” kata Zaitun

“mudah-mudahan bisa 2 sampai 3 kali tanam per tahun”

Untuk mendukung perkembangan pertanian di daerah perkotaan ini, Ketua RT 13 Pembataan, Adrianadi, meminta para petani untuk memaksimalkan embung yang ada di sekitar area persawahan. Sehingga para petani dapat meningkatkan hasil pertanian, dengan pola dua kali tanam dalam setahun.

“karena kita sudah sediakan pompa besar, mudah-mudahan masyarakat lebih memanfaatkan pompa tersebut” ujar Adrianadi

“supaya nanti kita membangun jalan di sini juga supaya enak, jalan padinya”

Kelurahan Pembataan dihuni oleh 2.886 jiwa. Sedangkan kelurahan ini memiliki total 40 hektar lahan pertanian. Dengan demikian, hasil pertanian di kelurahan ini, hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan warganya selama 3 bulan.

Reporter : Rulyandi Rahman | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: