PISPK Kembali Dilanjutkan Untuk Tentukan Indeks Keluarga Sejahtera

TVTABALONG.COM – Puskesmas Murung Pudak tahun ini kembali melanjutkan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PISPK).

Dalam program ini, tenaga kesehatan Puskesmas Murung Pudak dibantu ketua RT dan kader PISPK akan melakukan pendataan kesehatan warga, di wilayah kerjanya. Sebelumnya, pada 15 Januari, ketua RT dan Tim Penggerak PKK desa, terlebih dahulu diberikan pemahaman terkait hal tersebut.

Baca Juga : Hasil PISPK Puskesmas Murung Pudak 2018 : Warga Kapar Minim Pengetahuan Bahaya Merokok

Tahun ini akan ada 3 wilayah yang dilakukan pendataan, meliputi Desa Masukau, Desa Kasiau Raya, dan Kelurahan Belimbing. Sedangkan 2 wilayah lainnya, seperti Desa Kapar dan Kelurahan Berlimbing Raya,  yang berada di wilayah kerja Puskes Mabuun, tahun lalu telah dilakukan pendataan melalui program PISPK.

Kepala UPT Puskesmas Murung Pudak, dr. Agus menerangkan, pendataan PISPK di tiga wilayah tersebut akan dilakukan pada 24 Januari mendatang. Petugas akan menanyakan seputar kesehatan keluarga, sehingga warga diminta untuk kooperatif dengan memberikan data yang benar.

PISPK merupakan program dari Kementerian Kesehatan, yang diturunkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten kota se Indonesia. Dimana puskesmas menjadi ujung tombak pelaksana PISPK, untuk mendata status kesehatan masyarakat.

Melalui hasil pendataan yang dikumpulkan, setiap daerah memiliki status kesehatan warganya, sehingga dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk permasalahan kesehatan.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: