Pipa Distribusi Air Bersih di Desa Masingai Dipasang Pada 2019

TVTABALONG.COM – Warga desa Masingai 1 dan Masingai 2 Kecamatan Upau, mengeluhkan sulitnya mengakses air bersih saat musim kemarau tiba. Pasalnya kedua desa ini berada di dataran yang lebih tinggi dibanding daerah sekitarnya.

Warga Desa Masingai 1 RT. 7, Suyono mengungkapkan, selama ini pihaknya mengandalkan air bersih dari sumur. Tetapi air sumur hanya tersedia saat musim penghujan, dan mengering saat kemarau.

“Air bersih tu memang susah di musim kemarau, karena gak ada hujan jadi sumur banyak yang kering” ujar Suyono

“Kalau untuk sementara kalau musim hujan orang punya sumur, kalau kemarau ya airnya tidak ada” lanjutnya lagi.

“Kalau program air bersih masuk ke Masingai mendukung aja asal tidak membebani ” kata Suyono lagi.

Untuk mengatasi permasahan tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas PUPR, tahun ini berencana melakukan pemasangan jaringan distribusi air di kedua desa ini.

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Muhammad Noor Rifani menerangkan, pihaknya telah menggarkan dana Rp 5,4 milyar di APBD 2019, untuk memasang pipa distribusi air bersih.

“Nah Alhamdulillah pada tahun ini kita sudah mengganggarkan distribusi air ya sesuai arahan pak Bupati, dari WTP Kecamatan upau kita salurkan ke Masingai 1 dan Masingai 2” kata Kadis PUPR Muhammad Noor Rifani.

“Sehingga diharapkan, dengan adanya jaringan distribusi air ini masyarakat desa Masingai 1 dan 2 bisa tahun depan mempunyai air bersih” lanjutnya lagi.

“rencana kita, dengan masyarakat yang menghajatkan sekali untuk adanya air bersih, nah kita sudah melakukan di tahun 2019” Tutup Rifani.

Di tahun 2019 jaringan distribusi air dikerjakan, melanjutkan jaringan dari WTP Kecamatan Upau, menuju Desa Bilas, Masingai 1 dan 2. Selain di kecamatan Upau.

Pemasangan pipa distribusi air juga dilakukan di 3 wilayah lainnya, dengan total anggaran Rp 11,3 milyar. Yakni di Desa Tamunti dan Sungai Rukam 2, Tanjung Baru dari Islamic Center sampai Guru Danau, dan IKK Bintang Ara.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: