Peternak Diimbau Tidak Panik Adanya Wabah PMK

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi, di beberapa wilayah di Indonesia, membuat para peternak khawatir. Pasalnya penyebaran virus PMK tergolong tinggi dan sulit dihindari.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi mengimbau peternak agar tidak panik berlebihan. Pasalnya hewan ternak yang terkena PMK, tetap bisa dipotong dan dagingnya masih bisa dikonsumsi. Namun harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“kita himbau kepada masyarakat para peternak untuk tetap hati-hati waspada dan tenang karena apabila PMK masuk ke wadah kita itupun ada alternative untuk bisa dipotong ya, dengan aturan-aturan main yang ada di rumah potong hewan. Jadi artinya kalau seandainya kena pun dan seandainya dipotong itu tidak banyak mengalami kerugian bagi masyarakat” kata drh. Suwandi

Suwandi pun mengimbau masyarakat umum untuk tetap tenang dan tidak panik, karena sampai saat ini belum ditemukan kasus penularan penyakit mulut dan kuku ke manusia. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment