Home Editor's Picks Petani Karet Bersyukur Terima Bantuan Bibit untuk Peremajaan

Petani Karet Bersyukur Terima Bantuan Bibit untuk Peremajaan

by tabalong hari ini
0 comment

Adanya bantuan bibit karet untuk program peremajaan oleh Disbunnak Tabalong mendapat tanggapan positif dari sejumlah penerima. Diharapkan bantuan tersebut dapat terus berjalan setiap tahunnya, sehingga ke depan dapat menghasilkan karet dengan produktivitas dan bermutu tinggi.

Hal tersebut disampaikan Zainuri, Ketua Kelompok Tani Baru Muncul, Desa Pamarangan Kiwa, Kecamatan Tanjung, saat ditemui di rumahnya pada Senin 10 April 2023, usai menerima bantuan pupuk dan obat-obatan untuk tanaman karet. Zainuri menuturkan, bantuan bibit karet sudah cukup lama dinantikan oleh Kelompok Tani Baru Muncul, sehingga kelompok tersebut mengajukan proposal bantuan kepada Disbunnak agar mendapatkan bantuan bibit karet.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Dinas Perkebunan. Sudah lama kami mengharapkan bantuan bibit peremajaan karet ini. Nah manfaatnya selain membantu kami dalam peremajaan, juga mudah-mudahan dapat meningkatkan hasil karet yang bermutu.” ujar Zainuri, Ketua Kelompok Baru Muncul.

Hal senada juga disampaikan oleh Masrani, Kepala Desa Wayau, Kecamatan Tanjung, yang mewakili 2 kelompok tani di Desa Wayau yang mendapatkan bantuan tersebut. Masrani mengatakan, masyarakat merasa terbantu dengan adanya bantuan bibit karet beserta pupuk dan obat-obatan tanaman karet lainnya. Terlebih peremajaan karet merupakan usulan Desa Wayau dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Tabalong tahun 2023 dan dapat terakomodir oleh Disbunnak Tabalong.

“Alhamdulillah, melalui Musrenbang kabupaten kemarin, kita langsung mendapatkan bantuan dari Disbunnak dan pemerintah daerah. Makanya, melalui kesempatan ini kita juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi bantuan kepada desa kami dan kelompok tani kami.” ujar Masrani, Kepala Desa Wayau.

Baca Juga  Komisi I DPRD Fasilitasi Pertemuan Ponpes Hidayatullah & Kesra Tabalong

Tanggapan positif juga diutarakan Irhamsyah, Kepala Desa Waling, Kecamatan Bintang Ara. Mewakili kelompok tani, bersama Irhamsyah mengatakan bahwa dengan adanya bantuan ini dapat meringankan pengeluaran petani dalam membeli bibit karet, pupuk, dan obat-obatan tanaman karet. Terlebih program peremajaan karet telah diajukan oleh Pemdes Waling sejak tahun 2018 dan dapat terakomodir di tahun 2023.

“Alhamdulillah sangat-sangat bermanfaat, terutama dengan adanya bantuan ini, warga setidak-tidaknya yang biasanya membeli dengan swadaya sekarang dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong.” ujar Irhamsyah, Kepala Desa Waling

Irhamsyah mengharapkan program peremajaan karet dapat terus berjalan setiap tahunnya. Pasalnya, menurut Irhamsyah, saat ini di wilayahnya mengalami penurunan produksi karet yang cukup signifikan, hampir mencapai 50 persen dari biasanya.

Diketahui, Disbunnak Tabalong telah menyerahkan bantuan sebanyak 6.300 bibit karet ditujukan untuk Poktan Baru Muncul Desa Pamarangan Kiwa dengan luas lahan 15 hektar, 12.180 bibit karet untuk Poktan Batu Alay Desa Wayau dengan luas 29 hektar, 10.080 bibit karet untuk Poktan Ladir Bersatu Desa Wayau, dan 8.400 bibit karet untuk Poktan Bersama Desa Waling.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment