Petani Kambitin Kembangkan Budidaya Daun Bawang

by admintv
0 comment
kaji terap daun bawang BPP Tanjung

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Tanjung, melakukan kaji terap komoditas daun bawang, di lahan kering petani Desa Kambitin Kecamatan Tanjung. Sebanyak 100 kilogram bibit daun bawang ditanam di lahan seluas 3 borong.

Koordinator BPP Tanjung, Usman Zain menuturkan, kaji terap atau uji coba teknologi yang dilakukan BPP Tanjung di lahan petani ini menghasilkan daun bawang yang cukup memuaskan, meskipun topografi wilayah di Desa Kambitin merupakan dataran yang rata.

“kita lihat bahwasanya daun bawang di Kecamatan Tanjung ini bisa tumbuh dengan baik sehingga Alhamdulillah ada kegiatan dari dinas, kita lakukan kaji terap dan kaji terap ini kita laksanakan langsung di lahan petani atau pelaku utama yang melaksanakannya” tutur Usman

Salah seorang petani yang melakukan kaji  terap komoditas daun bawang adalah Sambi. Ia mengatakan, budidaya tanam daun bawang terbilang cukup mudah, baik dari segi penanaman hingga perawatannya. Pasalnya dari awal penanaman sampai panen, hanya memerlukan waktu yang terbilang singkat, yakni sekitar 2 bulan setengah.

“kami waktu nanam tu kami pupuk kotoran ayam lalu aduk pakai mesin traktor. Lalu terakhir pemupukan urin sapi, obat yang macam-macam tu kadada. Kalau penyiramannya tergantung ada hujan kadanya, kalau kadada hujan 2-3 hari ya kami siram, pemupukannya 2 minggu sekali lah” kata Sambu

Dengan berhasilnya penanaman daun bawang ini, BPP Tanjung berencana untuk menyebarluaskan hasil kaji terap tersebut kepada para petani di bawah binaan BPP Tanjung. Pasalnya di samping mudahnya penanaman dan perawatan komoditas tersebut, harga jual di pasaran pun terbilang tinggi, sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan para petani. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment