Minta Suntikan Modal, Begini Rencana Usaha Baru Perusahaan Umum Daerah

TVTABALONG.COM – Setelah sempat berinvestasi di lima jenis usaha, Perusahaan Umum Daerah Tabalong, Jaya Persada, akan menginvestasikan dananya untuk pendirian usaha pembuatan air minum dalam kemasan. Namun, guna mempercepat pengembangan usaha tersebut, perumda meminta kembali penambahan modal dari pemerintah Tabalong.

Sejak diperdakan pada akhir tahun 2017 lalu, pemerintah Tabalong telah menanamkan modal sebesar Rp 1 milyar, untuk Perusahaan Umum Daerah Tabalong, Jaya Persada. Dari nilai tersebut, perumda mengalokasikan sekitar 50 persennya untuk investasi usaha. Sedangkan sisanya untuk operasional, dan aset perusahaan.

Dana hibah tersebut diinvestasikan kepada lima jenis usaha. Yaitu bidang pertanian, perdagangan, dan jasa. Seperti investasi pembelian karet bokar, budidaya jagung, suplayer bagi bumdesmart dan e-warong, usaha kios serba guna yang menampung UMKM, dan usaha realty penyewaan tempat atm.

Sedangkan di tahun ini, Perumda Jaya Persada kembali berkeinginan mendirikan usaha air minum dalam kemasan. Dan guna mendukung usaha itu, maka perumda membutuhkan dana sebesar Rp 3 milyar.

Direksi Perumda Jaya Persada, H Agus Surya, menjelaskan, dari sekitar Rp 500 juta yang diinvestasikan Perumda, perkiraan keuntungan diterima berkisar antara 2 hingga 5 persen. Sehingga diperlukan modal besar untuk dapat lebih memaksimalkan keuntungan tersebut.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: