Persiapkan CJH 2023, Kemenag Tabalong Gelar Manasik

by tabalong hari ini
0 comment

Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Selatan, menggelar manasik haji dan umrah sepanjang tahun, yang digelar di seluruh kabupaten kota se Kalimantan Selatan. Pada pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun ini, Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kalsel, bekerjasama dengan KB IHU dan KBM HU yang ada di masing-masing kabupaten kota.

Di Kabupaten Tabalong sendiri setidaknya terdapat 3 kelompok bimbingan yang sudah ber sertifikasi, diantaranya KBIHU Al-Mustafa, kemudian KBIHU Sinar Arafah Kecamatan Jaro, serta KBMHU Kebimanhata Tanjung. Hingga saat ini setidaknya terdapat 510 estimasi jamaah yang akan berangkat di Tahun 2023 sesuai data dari Kanwil Kemenag Kalsel.

Sehingga para jamaah tersebut, dapat memilih diantara 3 kelompok bimbingan tersebut, untuk mengikuti manasik haji dan umrah sepanjang tahun. Untuk sementara, pelaksanaan manasik haji dan umrah ini dilaksanakan setiap 2 kali dalam sebulan, yaitu pada setiap hari Kamis, dan akan berlangsung sampai bulan Desember untuk tahap pertama.

“Kegiatan itu dapat mempersiapkan sebenarnya jamaah haji yang diperkirakan berangkat pada Tahun 2023 dilaksanakan lebih dini, lalu dinamai lah manasik sepanjang tahun, maksudnya jamaah itu belajar setahun lebih dulu, sebelum keberangkatan mempersiapkan diri, mempelajari manasik, dimana belajar manasik bisa diikuti sesuai dengan tempat yang dipilih, sehingga ketika mereka Tahun 2023 berangkat haji, itu mereka sudah siap dengan keterampilan dan pengetahuan untuk melaksanakan ibadah haji” terang Husni Thamrin, Kasi PHU Kemenag Tabalong.

Untuk data sementara estimasi Jamaah Haji Tabalong sesuai nomor porsi terakhir yang berangkat di Tahun 2023 berjumlah 510 jamaah. Ini berada diposisi kedua jamaah terbanyak setelah Kota Banjarmasin, dengan estimasi jamaahnya berjumlah 607 orang.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment