Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, Puluhan Warga Jaro Tanam Pohon Bambu

TVTABALONG.COM – Untuk mencegah longsor, puluhan warga bersama instansi pemerintahan, menanam pohon bambu di sisi sungai Desa Garagata, Jaro. Penananam bambu tersebut, sekaligus untuk memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, yang dilaksanakan 25 Agustus lalu.

Puluhan masyarakat, besama aparatur negara, TNI, maupun Polri, bergotong royong menanam pohon bambu, di sisi sungai Desa Garagata, Kecamatan Jaro. Peanaman pohon inis sekaligus untuk memperingati hari Konservasi Alam Nasional Tingkat Kabupaten Tabalong.

Setidaknya ada 300 pohon bambu, yang di tanam di sepanjang sisi sungai. Selain pohon bambu, partisipan masyarakat setempat, juga menyumbangkan 50 bibit pohon sengon untuk ditanam.

Penanaman bambu di pinggir sungai ini, merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya longsor disisi sungai. Terlebih, sungai di Desa Garagata ini termasuk yang rawan longsor.

Sekretaris Daerah Tabalong, yang turut hadir di acara penanaman ini, mendukung penuh kegiatan reboisasi seperti ini. Pasalnya selain sebagai penahan longsor, menurutnya pohon bambu juga memiliki banyak kegunaan, yang dapat dimanfaatkan warga sekitar.

Pihak TNI melalui Kasdim 1008 Tanjung Mayor Infanteri Guvta Alugoro , juga siap untuk mendukung kegiatan penanaman pohon, karena kegiatan seperti ini menurutnya merupakan tugas TNI.

Selain di Desa Garagata yang rawan terjadi longsor penanaman. Penanaman juga dilakukan pihak Dinas Lingkungan Hidup, di Desa Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: