Home Editor's Picks Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam memperingati Hari Otonomi Daerah ke-27 tahun 2023, Menteri Dalam Negeri mengimbau setiap daerah yang masih menggantungkan keuangan pada pemerintah pusat untuk meningkatkan kembali program pembangunan terkait kesejahteraan rakyat, terutama pembangunan yang tepat sasaran.

Pemerintah Kabupaten Tabalong memperingati Hari Otonomi Daerah ke-27 tahun 2023 di halaman pendopo bersinar pembataan pada 2 Mei. Upacara yang digabung dengan Hari Pendidikan Nasional ini dipimpin Sekda Tabalong, Hamida Munawarah.

Dalam kesempatan ini, Hamida membacakan sambutan Mendagri terkait otonomi daerah. Salah satunya terkait dampak positif atas otonomi daerah, seperti percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah, dan kemampuan fiskal daerah.

Namun, beberapa data juga menyebutkan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data Ditjen Keuangan Kementerian Dalam Negeri, selama kurun waktu tersebut terdapat beberapa daerah yang memiliki angka PAD di bawah 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa.

Dengan adanya peningkatan dari beberapa daerah, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain,” ujar Hamida Munawwarah, Sekretaris Daerah Tabalong.

Baca Juga  Turnamen Voli BSA Cup 2024 Jadi Wadah Tingkatkan Kemampuan Atlet

Disamping itu, dalam sambutan yang dibacakan Sekda, Mendagri juga mengimbau kepada daerah dengan kemampuan PAD dan fiskalnya baik, tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi, dan akses infrastruktur belum baik, agar dapat melaksanakan evaluasi untuk memastikan penyusunan program dan kegiatan dalam APBD tepat sasaran, efektif, dan efisien.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment