Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini Saat Mencoblos Agar Suara Yang Anda Berikan Sah

TVTABALONG.COM – Puncak pesta demokrasi tinggal menghitung hari. Pada 17 April mendatang seluruh masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, berhak menggunanakan suaranya untuk menentukan pemimpin 5 tahun kedepan.

Pemilu tahun ini dikatakan lebih rumit, karena masyarakat akan dihadapkan pada 5 jenis surat suara. KPU Tabalong pun mengimbau masyarakat, untuk memperhatikan tata cara mencoblos lima jenis surat suara, agar suara yang diberikan dianggap sah.

Surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, bagi caleg maupun partai pengusung dinyatakan sah, apabila tanda coblos berada pada nomor urut, atau foto, atau nama salah satu calon, atau nomor atau lambang partai.

Sedangkan apabila surat suara dicoblos di antara garis paslon atau mencoblos lebih dari satu paslon dalam kolom partai yang sama, maka suara untuk caleg tidak sah tetapi suara partai dapat dinyatakan sah.

Sedangkan jenis surat suara presiden dan wakil presiden, akan dinyatakan sah jika dicoblos pada nomor urut atau foto, dan atau nama paslon, atau mencoblos pada lambang partai pendukung.

“masyarakat memang harus memperhatikan cara pencoblosan agar suara sah dan jangan sampai terbuang dengan sia-sia” jelas Komisioner KPU Tabalong, Murjani

“karena KPPS akan mendeteksi kebenaran cara mencoblos itu.”

Misalnya surat suara dicoblos di gambar partai itu sah, atau  di kolom nama, atau misalnya mencoblos dua, partai dan nama itu sah saja . Atau coblos beberapa nama di kolom partai yang sama maka suara sah tetapi hanya untuk partai, ada memang aturan –aturan itu” terang Murjani lagi

Murjani menambahkan, surat suara dinyatakan tidak sah apabila mencoblos lebih dari satu paslon atau di luar area garis paslon.

Selain itu mencoblos diharuskan menggunakan paku yang telah disediakan panitia. Suara dianggap tidak sah jika mencoblos menggunakan tangan, pena, putung rokok dan lainnya.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: