Penyuluh Pertanian Dituntut Melek Teknologi

TVTABALONG.COM – Pembangunan di sektor pertanian, dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang tak lepas dari kecanggihan teknologi.

Teknologi pun dinilai dapat berperan meningkatkan kualitas hasil pertanian, serta memudahkan pengelola sektor pertanian, untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal.

Perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Siti Rahmi menilai, penyuluh pertanian lapangan berperan penting menyebarkan informasi program pemerintah dan capaian sektor pertanian kepada para petani.

Terlebih dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial, berbagai perkembangan sektor pertanian di indonesia bisa tersebar lebih mudah dan cepat pada petani.

kalau dulu kan tugas penyuluh itu hanya menyampaikan informasi dan teknologi, padahal di Permenpan tugas penyuluh itu sebagai penyambung tangan program pemerintah ke petani” kata Siti

“berarti bukan hanya merubah gelar teknologi, tapi apa program-program pemerintah harus tersampaikan ke petani” jelasnya lagi

Kepala bidang penyuluhan Dinas Pertanian Tabalong, Sri Nana Agustina mengatakan, pihaknya berupaya melatih penyuluh pertanian Tabalong tentang tata cara penggunaan aplikasi dan program pemerintah yang saat ini sudah menggunakan sistem online. Sehingga para petani dan PPL tidak tertinggal dengan perkembangan zaman.

sekarang ini semua kegiatan penyuluh pertanian  berbasis online seperti Simluhtan, terus laporan penyuluh juga online di dalam wadah aplikasi Siluhtan, jadi setiap kunjungan dan laporan berbasis online, makanya kita perlu melatih penyuluhnya agar menguasai IT” tutur Sri

Sebelumnya, Dinas Pertanian Tabalong melakukan pendidikan pelatihan teknologi informasi penyuluhan dan komunikasi, bagi 25 peserta pada 26 dan 27 maret lalu.

Peserta terdiri dari tujuh orang koordinator balai penyuluh pertanian, 15 orang penyuluh pendamping kegiatan, penyuluh pertanian swadaya, kelompok jabatan fungsional, dan petugas cyber yang masing-masingnya berjumlah satu orang.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: