Penuhi Stok Darah, PMI Tabalong “JEMPUT BOLA”

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk penuhi stok darah di Tabalong Palang Merah Indonesia Tabalong kembali laksanakan kegiatan jemput bola donor darah, di Desa Tanta Hulu Jum’at siang 20 Januari 2023. Belasan kantong darah berhasil dikumpulkan dari warga setempat.

Antusias masyarakat Desa Tanta Hulu yang bermukim di Komplek Perumahan Pondok Karet dan sekitarnya  cukup tinggi, saat mengikuti kegiatan donor darah yang di digelar PMI Tabalong, di Halaman Masjid Jannatul Huda usai pelaksanaan Shalat Jum’at.

Dari 14 masyarakat yang mendaftar, 13 diantaranya berhasil lolos penjaringan sebagai pendonor. Adapun dari kegiatan tersebut PMI Tabalong berhasil kumpulkan 13 kantong darah dengan rincian golongan darah A dua kantong, B-6 kantong, AB – 2 kantong, dan O tiga kantong.

Salah satu Pendonor, Enggal Saputro mengaku lebih nyaman pasca melakukan donor darah pasalnya dirinya merupakan pendonor rutin yang sudah lama tidak melakukan donor darah.

 “Saya terakhir kemarin 2011, kebetulan kali ini enak banget setelah di donor darah” ujarnya.

Sementara itu, analis laboratorium PMI Tabalong, Novi menjelaskan, donor darah yang digelar ini merupakan program rutin per tiga bulan sekali , dengan tujuan utama memenuhi stok darah di PMI yang saat ini kosong, khususnya golongan darah B.

“Dalam pengadaan donor darah ini dalam rangka kegiatan rutin mobil unit dari UDD PMI untuk ketersediaan stok darah di PMI” terangnya.

Selain donor darah, PMI Tabalong juga membuka layanan kesehatan gratis di lokasi tersebut seperti cek tensi darah hingga pengecekan golongan darah.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment