Penjualan Peralatan Berhaji Meningkat Di Tabalong

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Usaha penjualan peralatan ibadah haji kembali mulai menggeliat, jelang pelaksanaan ibadah haji. Pasalnya pada tahun 2022 ini, pengiriman jemaah haji dari Indonesia kembali bisa dilakukan, setelah mengalami jeda selama 2 tahun karena pandemi covid-19.

Para pedagang pun mengaku, berabagai kebutuhan peribadatan seperti, kain Ihram, sabuk Ihram, hingga gamis mulai diburu oleh para calon jemaah haji. Puncak ramai pembeli pun mulai  terjadi sejak 2 minggu sebelum keberangkatan ibadah haji, seperti yang etrpantau pada 29 mei 2022.

“Kalau mau berangkat itu biasanya baju-baju gamis kaya ini biasanya nih. Kaya kain kain ihram, baju-baju kaos dalam, celana putih biasanya.” Kata Fadli, Pedagang Peralatan Ibadah Haji.

“Setelah 2 tahun kita vakum dari kegiatan¬† menyiapkan segala bentuk peralatan ibadah haji. Meskipun kebutuhan ibadah haji sudah terpenuhi sejak 2 tahun yang lalu. Sehingga jamaah hanya membutuhka¬† sedikit saja dari perlengkapan-perlengkapan ibadah haji. Seperti kain ihram, sabuk ihram, dan busana ihram lengkap bagi perempuan. Meskipun kebutuhan it tidak naik secara sognifikan.” Kata Rijani Asmail, Pemilik Toko Peralatan Ibadah Haji.

Meski penjualan mulai meningkat, namun kenaikannya tak begitu signifikan. Menginggat para calon jamaah sebelumnya sudah menyiapakan kebutuhannya. Selain itu juga adanya faktor pembatasan umur dan dikuranginya kouta keberangkatan jemaah haji dari Indonesia, juga menjadi penyebab. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment