Peningkatan Jalan Tabur- Sei Durian Jadi Prioritas Banua Lawas

by tabalong hari ini
0 comment

Kecamatan Banua Lawas sampaikan 33 usulan prioritas pada Musrenbang RKPD tingkat kecamatan di Tabalong yang digelar, Rabu 25 Januari 2023. Usulan tersebut berfokus pada peningkatan infrastruktur.

Hal itu disampaikan Camat Banua Lawas Fariduddin saat musyawarah perencanaan pembangunan untuk rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2024 tingkat kecamatan yang berpusat di Kecamatan Pugaan.

Farid menjelaskan dari 294 usulan yang diusulkan oleh 15 desa yang ada di Banua Lawas, sebanyak 33 usulan diantaranya menjadi skala prioritas, sebagian besar usulan tersebut ialah di bidang infrastruktur.

Salah satu infrastruktur yang diprioritaskan ialah peningkatan jalan dari Desa Tabur menuju Pematang, hingga ke Sungai Durian sepanjang 8 kilometer.

Menurut Fariduddin, peningkatan jalan tersebut perlu diprioritaskan lantaran kondisi jalan tersebut sempit dan dinilai sangat berpengaruh terhadap akses warga, khususnya untuk mendukung sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, dan perikanan.

“Pertama meningkatkan jalan di Desa Pematang, mulai Masuk Tabur, Pematang sampai dengan Sungai Durian yang pertama adalah membuka akses masyarakat banyak, melebarkan sehingga arus masuk keluar mobil ini bisa lancar, kalau yang sekarang ini kan lebarnya cuman 2 setengah meter, sehingga kalau mobil lagi membeludak ini perlu ada pengaturan khusus, karena ada buka tutup, kalau jalannya kita lebari, sehingga arus masuk keluar kendaraan yang menuju tempat wisata, kendaraan masyarakat bisa lebih lancar.” katanya.

Farid menambahkan, pengembangan potensi yang ada di Kecamatan Banua Lawas, diharapkan juga turut di tunjang dengan infrastruktur yang bagus, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Banua Lawas.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment