Penggunaan Alsintan Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

Dinas Pertanian Tabalong mendorong para petani untuk memaksimalkan penggunaan alat dan mesin pertanian. Hal ini dilakukan, agar produksi beras di kabupaten Tabalong tahun 2018 dapat kembali meningkat.

Guna meningkatkan produksi beras di Kabupaten Tabalong, pemerintah melalui Dinas Pertanian mendorong para petani untuk menggunakan alat dan mesin pertanian atau alsintan, baik untuk pengolahan tanah, hingga masa panen.

Untuk menggunakan alsintan, petani dapat meminjam secara gratis melalui brigade tanam yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Tabalong .

Saat dikonfirmasi, usai acara pelatihan metodologi teknologi penyuluh pertanian, Kepala Dinas Pertanian Tabalong, H.Johan Noor Effendi mengatakan, untuk memacu para petani, pihaknya akan membuat lahan percontohan atau demplot yang menerapkan berbagai teknologi pertanian, sehingga penggunaan alsintan oleh petani dapat lebih efisien .

Johan juga menambahkan, selain penggunaan alsintan, pihaknya terus mendorong para petani untuk menggunakan bibit padi unggul bersertiikat, serta mengoptimalkan pemanfaatan sawah menjadi dua kali tanam dalam setahun, sehingga produksi beras di kabupaten Tabalong terus meningkat.

Sekedar diketahui, tahun 2017 lalu produksi beras di kabupaten Tabalong mencapai 73 ribu ton, dari total luas lahan yang mencapai 16 ribu hektar/www.tvtabalong.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: