Home / Tabalong Hari Ini / Pemprov Kalsel Kembali Sosialisasikan Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan

Pemprov Kalsel Kembali Sosialisasikan Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan

TVTABALONG.COM – Untuk kedua kalinya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kehutanan Provinsi mensosialisasikan penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan dan pedoman pelaksanaan tugas tim inventarisasi dan verifikasi penguasaan tanah dalam kawasan hutan di Kabupaten Tabalong.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Rahmat, mengatakan, sebanyak 34 desa di Tabalong masuk areal indikatif, Tanah Obyek Reforma Agraria atau TORA.

“masyarakat ada sebagian yang sudah siap untuk ini pak, tapi ada juga yang belum, seperti yang disampaikan jangan sampai katanya menyerahkan SKT ternyata malah dipakai oleh pemerintah, tapi itu tidak. Jadi sebenarnya SKT yang akan mereka masukkan itu sebagai data untuk tindak lanjut terhadap kawasan hutan yang ada, kemudian nanti setelah itu baru disertifikati oleh BPN” jelas Gusti Rahmat

Sementara Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Husin Ansari, mengatakan, pemerintah menargetkan di tahun ini sebanyak 12 ribu hektar yang layak diusulkan untuk enclave di Kabupaten Tabalong.

“milik masyarakat sampai sekarang ini belum diterima, dan Alhamdulillah dari Provinsi juga mensosialisasikan hari ini, karena memang kami liat tadi banyak dari aparat desa belum paham terkait pengisian formulir-formulir yang harus diisi untuk penyampaian itu”

Saat ini Kabupaten Tabalong memiliki hutan seluas 237 ribu hektar. Terdiri dari hutan lindung 86 ribu hektar, hutan produksi terbatas 52 ribu hektar, hutan produksi tetap 94 ribu hektar, dan hutan produksi konversi 2.300 hektar.

Rulyandi Rahman

Check Also

Pemkab Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan Gedung SMKN 1 Jaro

TVTABALONG.COM – Inilah lokasi tanah  yang diperuntukkan bagi pembangunan unit sekolah baru SMK Negeri 1 …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: