Pemkab Upayakan IPM Tabalong Setara Nasional

TVTABALONG.COM – Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tabalong, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tabalong tahun 2017 lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka yang telah ditetapkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan resmi yang dirilis, IPM Provinsi Kalimantan Selatan berada di angka 69,65. Sedangkan IPM Kabupaten Tabalong lebih unggul, sebesar 70,76. Atau di posisi teratas ketiga se Kalsel, setelah Banjarbaru dan Banjarmasin.

Kepala Bappeda Tabalong, Mahdi Noor mengatakan,  peningkatan IPM memerlukan kerja keras Pemkab.

Tidak hanya mengejar predikat, menurut Mahdi, sesuai arahan kepala daerah, indikator IPM harus ditingkatkan dengan benar. Sehingga IPM Tabalong dapat sama dengan angka nasional tahun 2017 yakni 70,81.

angka kita ini lebih tinggi dari Provinsi Kalimantan Selatan, kalau Provinsi Kalsel masih berkutat di 69″

“Cuma kita sedikit di bawah nasional. Jadi memang kita harus lebih mengejar lagi minimal kita tidak berbicara posisi. Walaupun tetap diposisi 3 tapi angka nya yang akan kita tingkatkan supaya kita kalau bisa sama dengan nasional atau di atas pada nasional”

Ada beberapa komponen pembentukan IPM yang menjadikan Tabalong sebagai kabupaten yang berada di posisi ketiga se Kalimantan Selatan. Yakni angka harapan hidup yang meningkat, rata-rata lama sekolah meningkat, harapan lama sekolah meningkat, dan pengeluaran perkapita yang meningkat.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: