Home Editor's Picks Pemkab Tabalong Upayakan Cabai Tiung Tanjung Terdaftar

Pemkab Tabalong Upayakan Cabai Tiung Tanjung Terdaftar

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya pendaftaran varietas cabai tiung tanjung untuk ditetapkan sebagai varietas unggulan asli Tabalong dari Kementerian Pertanian, tidak lepas dari peran dan dukungan pemerintah Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, Muhammad Mugeni menjelaskan, sejak 2 tahun terakhir, Pemkab Tabalong bersama kelompok tani mengajukan ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar benih varietas Cabai Tiung Tanjung dapat dilegalkan. Pasalnya dengan adanya penetapan tersebut, benih tersebut dapat diperjualbelikan atau disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia.

“Sejak dua tahun yang lalu pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian dulu bersama beberapa kelompok mengajukan bibit benih tiung tanjung ini ke BPSB kemudian Kementrian pertanian untuk menjadi legalisasi benih Cabai Tiung Tanjung ini,” terangnya.

Untuk saat ini sudah banyak petani di Tabalong yang membudidayakan Cabai Tiung Tanjung, terlebih cabai tiung tanjung memiliki rasa yang dominan lebih pedas dibandingkan cabai lainnya. Selain itu produksinya yang lebih tinggi dan daya simpan yang lebih lama, dinilai membawa keuntungan tersendiri bagi petani.

Usai melakukan uji keunggulan di lahan Cabai Tiung Tanjung, para tim melakukan pertemuan dengan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di ruang kerjanya. Pada kesempatan ini, bupati berharap agar proses pendaftaran varietas cabai tiung tanjung sebagai produk asli Tabalong dapat segera terselesaikan, agar nantinya dapat dilakukan penyebarluasan bibit.

Baca Juga  Mengharap Turun Hujan, Forkopimda Tabalong Laksanakan Salat Istisqa

“Jadi saya terimakasih bu dan kawan-kawan sekalian mudah-mudahan proses ini berlangsung cepat ya sehingga kita bisa melakukan pembibitan, kita bisa memasarkan produksi dan kita juga akan memikirkan supaya nilai tambah nya tinggi ada industry yang bikin sambal, industry rumah tangga,” ungkapnya.

Pemkab berharap, varietas Cabai Tiung Tanjung layak menjadi produk unggulan Tabalong dan dapat menjadi produk varietas Nasional, sehingga dapat mengenalkan Tabalong ke kancah Nasional.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment