Pemkab Tabalong Transformasikan PNPM-MD Jadi Bumdes Bersama

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, mensosialisasikan percepatan transformasi dana bergulir masyarakat eks PNPM mandiri pedesaan menjadi bumdes bersama. Kegiatan dibuka Bupati Tabalong Anang Syakhfiani pada 6 April 2022. Transformasi ini dilakukan untuk menyelamatkan aset negara dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Terdapat 3 strategi yang dikembangkan pemkab Tabalong, untuk mensukseskan transformasi pnpm – mp menjadi bumdes bersama. Yakni menjadikan masyarakat miskin sebagai kelompok sasaran, menguatkan sistem pembangunan partisipatif tentang pengembangan kelembagaan kerja, dan mengembangan kerjasama antar desa.

Bupati Anang Syakhfiani menuturkan, sosialisasi percepatan transformasi dana bergulir masyarakat eks PNPM ini dinilai penting, karena konsep dari kelembagaan itu sendiri dipelopori oleh Tabalong. Ia menugaskan kepala DPMD Tabalong, Erwan Mardani dan inspektur Tabalong, Yuzan Noor, untuk menjadi pemateri, agar program ini dapat berjalan lancar dan sukses serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Karena kita dinilai yang terbaik oleh bapenas maka konsep tentang kelembagaan khususnya yang terkait dana bergulir itu kita disini, konsepnya dari kita oleh sebab itu ini yang membuat saya harus hadir ya saya ingin mengingatkan kita semu konsep itu di godok disini.” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang berharap kegiatan ini dapat diikuti seluruh peserta dengan serius, agar proses transformasi dapat berjalan mulus. Sehingga tercapainya kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin pedesaan. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment