15 Rumah Dibangun Untuk Relokasi Tahap 1 Warga Ujung Murung

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana merelokasi Warga Ujung Murung yang tinggal di Bantaran Sungai Tabalong, Relokasi dilakukan secara bertahap ke Kelurahan Agung dengan sebanyak 15 KK pada tahap pertama ini.

Pemerintah Kabupaten Tabalong mulai menyiapkan lahan seluas 1,3 hektar di RT 2 Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung, seperti yang terpantau pada 12 Januari 2022 lahan ini disiapkan untuk merelokasi warga Ujung Murung, Kelurahan Tanjung yang rumahnya berada di wilayah rawan longsor karena berada di Bantaran Sungai Tabalong.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Tabalong, Erfin Nirza Siregar memaparkan, sebanyak 51 kavling tanah disiapkan untuk rumah tapak, serta sisanya untuk fasilitas umum seperti rumah ibadah dan RTH.

Relokasi warga Ujung Murung dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama Tahun 2022, warga yang akan direlokasi sebanyak 15 KK. Mereka nantinya menerima hibah tanah, dan bangunan rumahnya.

“Rencananya 15 KK itu akan langsung menempati rumah yang akan kami bangun kurang lebih di pertengahan bulan januari ini, Kalo untuk ukuran tanahnya 10 x 12, kalo untuk ukuran rumahnya akan dibangunkan rumah dengan luas 6 x 8 meter,” kata Erfin.

Disperkim Tabalong terus melakukan pendataan rumah-rumah warga yang rawan bencana, baik longsor maupun banjir untuk direlokasi ke lahan ini. Ia pun berharap, program relokasi turut mendapat dukungan dari warga yang akan direlokasi sama seperti 15 kk warga ujung murung yang direlokasi terlebih dulu.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment