Pemkab Siap Dukung Pengembangan Riam Abuya

TVTABALONG.COM – Desa Solan, tidak hanya kaya akan hasil pertanian dan perkebunan, tetapi desa ini juga memiliki berbagai keindahan alam. Salah satunya Riam Abuya, air terjun setinggi 15 meter ini memang seperti air terjun pada umumnya. Tetapi yang membuatnya menarik adalah perjalanan ke riam, melalui hamparan padi gunung  serta perkebunan lainnya.

Baca Juga : Sekda : Tabalong Tunjukkan Keberhasilan Budidaya Padi Gogo

Untuk mencapai riam, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 150 meter, karena medan tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan. Warga Desa Solan, Muhammad Bustami, atau yang kerap disapa Pak Ibus ini berharap, ke depan ada akses jalan menuju Riam Abuya, sehingga dapat dijadikan tempat wisata.

“tinggi air terjun tahap bawah 15 meter, ada di atas lagi sampai 3 tingkat, paling jauh bahkan sampai 20 meter kira-kira.” katanya

“ yang diharapkan dibangun pertama jalan selanjutnya gazebo dan yang lainnya”

Sekretaris daerah Kabupaten Tabalong Abdul Muthalib Sangadji turut mengunjungi Riam Abuya. Meski harus berjalan kaki, Sekda Tabalong ini mengaku kagum dengan potensi Desa Solan. Ia mengatakan, pemerintah daerah selalu mendukung segala kegiatan pengembangan objek wisata, yang berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

“terkait dengan tanggapan masyarakat yang terlihat sangat antusias, tentu saja pemerintah daerah akan selalu memberikan dukungan terhadap kegiatan ini  dan akan kita kembangkan” kata Sekda

Kunjungan ke Riam Abuya dilakukan rombongan pemerintah Kabupaten Tabalong, bersama jajaran Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, dan masyarakat usai melakukan panen gogo di Desa Solan Kecamatan Jaro 4 April lalu.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: