Home / Tabalong Hari Ini / Pariwisata / Pemkab & LIPI Terus Mantapkan Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri

Pemkab & LIPI Terus Mantapkan Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri

TVTABALONG.COM – Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri di Desa Kasiau terus di mantapkan, dimana Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tabalong  bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan review Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri, Jumat (12/7/2019).

Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Kebun Raya LIPI, Danang Wahyu Purnomo mengatakan, pertemuan kali ini dilakukan untuk menyesuaikan Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri dengan kondisi terkini, karena sebelumnya master plan ini telah disusun pada tahun 2017 lalu.

Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri sebenarnya telah disusun tahun 2017 oleh LIPI, namun seiring dinamika perkembangan di daerah, ada perubahan tata batas. Artinya ada beberapa perubahan secara status tidak bisa segera dibebaskan, jadi ada pengurangan wilayah sehingga perlu meninjau kembali master plan jelas Danang

Sementara Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Tabalong, Rusdian Noor  menjelaskan, dalam review Master Plan tahun 2017 lalu, Pemerintah Daerah Tabalong telah menyiapkan lahan seluas 52 hektar.

Karena adanya rencana pembanguan rel kereta api Trans Kalimantan yang akan dibangun di areal tersebut, maka luas lahan secara otomatis akan mengerucut.

“awalnya pada 2017 ada 52 hektar, lahan menjadi mengerucut karena ada (rencana)pembangunan rel kereta api yang membelah kawasan kebun raya” jelas Rusdian

Selanjutnya Rusdian Noor menambahkan, hasil akhir Master Plan Kebun Raya Tanjung Puri akan disampaikan ke kepala daerah pada bulan Oktober 2019. Hal tersebut sebagai dasar untuk melaksanakan pembangunan di lokasi tersebut.

Syarif Hidayat

Check Also

Pemkab Upayakan Peningkatan SAKIP

TVTABALONG.COM – Untuk membangun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP)  yang benar,  Pemerintah Kabupaten Tabalong …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: