Pemkab Akan Genjot 5 Sektor Non Tambang Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

TVTABALONG.COM – Berdasarkan hasil analisis produk domestik regional bruto (PDRB) Tabalong, dari 16 sektor non tambang, 5 diantaranya pendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga direncanakan akan digenjot dalam RPJMD Tabalong, tahun 2019 -2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Tabalong, Mahdi Noor, beberapa waktu tadi.

5 sektor tersebut, ialah  industri pengolahan perdagangan besar dan eceran, reparasi, pertanian kehutanan dan perikanan, konstruksi, serta informasi dan komunikasi.

Menurut Mahdi yang paling potensial dikembangkan adalah industri pengolahan yang berbasis bahan baku lokal, lantaran  akan lebih berdampak pada masyarakat.

Mahdi mengaku, peningkatan sejumlah sektor tersebut harus dilakukan.

 Pasalnya, saat ini Tabalong tidak dapat lagi bergantung pada hasil pertambangan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi utama.

Hal tersebut Lantaran tren sektor pertambangan terus mengalami penurunan setiap tahunnya, yang dikhawatirkan akan berdampak pada  pertumbuhan ekonomi di Tabalong.

Saat ini, sektor pertambangan masih menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Tabalong, dengan kontibusinya mencapai 46,26 persen.

Disusul 5 sektor dominan non tambang seperti sektor pertanian 11 persen, industri pengolahan 8,78 persen, perdaganga nbesar dan eceran 7,82 persen, kontruksi 5,94 persen, serta informasi dan komunikasi di angka 4,04 persen.

Penulis : Muhammad Rais | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: