Pemerintah Pusat Buka Pengadaan ASN, Alokasi PPPK lebih Banyak Dibanding PNS

TVTABALONG.COM – Pemerintah pusat kembali membuka pengadaan aparatur sipil negara, yang terbagi untuk alokasi CPNS dan alokasi pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2019 ini.

Berdasarkan surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, untuk pemerintah daerah alokasi CPNS ditetapkan hanya 30 persen, sedangkan alokasi PPPK sebesar 70 persen.

Dari 254.173 formasi yang dibuka, pemerintah pusat mendapatkan 46.425 formasi, sedangkan jumlah alokasi untuk pemerintah daerah sebesar 207.748 formasi. Dari total 207.748 formasi yang didapat pemerintah daerah, 62.324 formasi diantaranya dialokasikan untuk CPNS sedangkan sisanya sebanyak 145.424 dialokasikan untuk formasi PPPK.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Tabalong, Wartoyo mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun jumlah alokasi kebutuhan ASN untuk dikirim ke pusat, baik itu formasi CPNS maupun PPPK. Dengan ketentuan jumlah formasi berdasarkan penerimaan CPNS maupun PPPK yang belum terakomodir pada seleksi sebelumnya.

“kemaren kitakan sudah sebenarnya sisa formasi tahun kemaren yang belum terakomodir, nah itulah yang kita usulkan kembali dan malah kita ada penambahan usulan karena kita merasa masih kekurangan tenaga ASN”

Dalam surat edaran Kemenpan RB, pengadaan ASN diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan atau unit kerja didaerah terpencil, tertinggal dan terluar, dengan memberikan kesempatan kepada pegawai non PNS yang masih aktif bekerja sesuai aturan perundang-undangan.

Selain itu juga diprioritaskan bagi unit kerja yang tidak mendapatkan alokasi tambahan pegawai baru pada pengadaan CPNS tahun 2018.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: