Pemeriksaan Kesehatan CJH Di Embarkasi Untuk Tentukan Kelayakan Terbang

TVTABALONG.COM – Calon Jamaah Haji Tabalong, telah melalui 2 tahapan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan tahap pertama, yang dilakukan Desember 2018 sampai januari 2019 lalu, untuk menetapkan resiko penyakit yang diderita para jamaah. Jamaah yang memiliki resiko kesehatan tinggi, mendapat pembinaan dan pendampingan.

Pemeriksaan kesehatan tahap dua juga telah dilaksakan pada 13 dan 14 maret lalu, untuk memastikan kembali kesehatan calon jamaah melalui pemeriksaaan laboratorium. Calon jamaah yang memiliki masalah kesehatan, akan mendapat program pembinaan kesehatan haji.

Kepala seksi Surveilans dan imunisasi Dinas Kesehatan Tabalong, Budi Gunawan, mengatakan, pemeriksaan haji ini ada 3 tahapan,  pertama dilakukan untuk melihat resiko kesehatan para jemaah haji, kedua menentukan istithaah atau tidak jamaah haji tersebut.

Dan yang ketiga dilakukan kembali pemeriksaan di embarkasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan,  untuk menentukan kelayakan terbang calon jamaah.

Setelah tes kedua ini, para jamaah juga diwajibkan melewati tes kebugaran oleh 4 zona Puskesmas. Yaitu Puskes Hikun, Mabuun, Kelua dan Haruai. CJH akan diminta berkeliling lapangan, dengan waktu yang telah ditentukan. Sehingga panitia pelaksana dapat memperkirakan tingkat kebugaran calon jamaah.

Reporter : Rulyandi Rahman | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: