Pemdes Uwie Bagikan Puluhan Kambing & Sapi Untuk Dipelihara Warga

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dalam program pengembangan ekonomi masyarakat, pemerintah Desa Uwie menyiapkan 20 ekor kambing untuk dikembangbiakkan warganya. Bantuan kambing ini pun diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, pada Selasa 24 Mei 2022.

Kepala Desa Uwie, Mulyadi Trisno menjelaskan, kambing yang diserahkan bukan hibah 100 persen, tapi dikembangbiakkan secara berkelanjutan hingga seluruh warga memelihara kambing. Dari 20 kaming ini, kelahiran anak pertamanya untuk pemerintah desa sebagai ganti indukan awal. Kemudian kelahiran kedua akan diserahkan pada warga lain. Selanjutnya kambing sepenuhnya menjadi hak milik warga tersebut.

“Karena saya punya keyakinan kalo sudah nanti saya pasang, saya kasih kambing tadi secara gak langsung kita bisa mengurangi kemiskinan di Desa Uwie. Karena penghasilannya sangat besar, daripada nanti kita bantukan duit yakan. Bantuan duit secara kontan belum tentu ditukarkan, dibelikan kambing, lebih baik dari desa yang memikirkan supaya kambing itu bisa beranak, bisa bermanfaat sampai ke anak cucunya nanti.” Kata Mulyadi Trisno

Selain kambing, Pemerintah Desa Uwie juga menyerahkan 7 ekor sapi. Namun bantuan sapi yang diserahkan hanya untuk penggemukan. Penggemukan sapi dikelola masyarakat secara berkelompok, kemudian dilakukan bagi hasil ketika dijual. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment