Pemdes Masingai 1 Akan Tambah Penyertaan Modal UPPB

TVTABALONG.COM – Pemerintah Desa Masingai 1, di tahun 2019 ini kembali akan memberikan penambahan penyertaan modal kepada UPPB Pelita Abadi. Penambahan penyertaan modal diberikan melalui Bumdes Sumber Mas, sebesar Rp 50 juta.

Sebelumnya di tahun 2018 pemerintah desa juga telah mengkucurkan penyertaan modal sebesar Rp 75 juta. Penyertaan modal untuk menunjang UPPB, dalam membeli bahan olah karet bersih para petani.

Seksi pemasaran UPPB Pelita Abadi, Daryoto mengatakan, meningkatnya minat masyarakat menjadi anggota, membuat UPPB kekurangan modal, dalam membeli karet petani. Sehingga anggota UPPB secara swadaya mencari modal membeli karet anggota, hingga 5 ton per minggu.

sangat membantu. Karena dari awalnya kita sistemnya da barang ada duit, tapi sekarang banyak barang duitnya kurang” ujar Daryoto

“nah  terbantu dengan itu walaupun dibantu bumdes masih 75 juta tapi masih kurang”

Jadi putaran 3 kali baru sampai uangnya, misalnya dapat barang anggaplah Rp  50 juta, itu kali 3. Rp 150 juta

“Sedangkan dari bumdes yang ada baru Rp 75 juta. Masih kurang, kekuranganannya kami swadaya”

Sebelum diberikan penambahan modal, pemerintah Desa Masingai 1 mengevaluasi perkembangan minat masyarakat. Selain itu, perhitungan untung dan rugi serta pembagian hasil usaha, juga menjadi pertimbangan penambahan modal.

Baca Juga :

Sekretaris Desa Masingai 1, Budi Prasetyo mengatakan, melalui penambahan penyertaan modal Desa Masingai 1 memiliki produk unggulan desa. Sehingga akan terjadi perputaran uang di Desa Masingai 1, yang berdampak pada peningkatan perekonomian desa.

“kami merencanakan untuk tahun 2019 ini kami akan menambah modal” ujar Budi

“ Cuma, sebelum melakukan pencarian penyertaan modal, Pemdes ingin  mengetahui sejauh mana tingkat perkembangan usaha ini”

“bila progresnya itu terus membaik, meningkat, minat masyarakat juga membaik kita akan terus menambah penyertaan modal”

“di tahap awal perencanaan APBDES 2019, kami merencanakan penambahan modal sebanyak Rp 50 Juta”

“supaya masyarakat kita semuanya mau menjual produk getahnya, yang jelas perputaran uang kalau bisa dari Desa Masingai 1 dan untuk Masingai 1

Saat ini Tabalong memiliki 13 unit pengolahan dan pemasaran bokar. 6 diantaranya telah memiliki gudang penyimpanan karet, salah satunya yang baru diresmikan di UPPB Desa Masingai 1 beberapa waktu lalu.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: