Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK Tahap II Dibuka, Pemkab Berharap Hasilkan Pekerja Berkompetensi & Berintegritas

TVTABALONG.COM – Untuk meningkatkan sumber daya manusia di wilayah Tabalong, Dinas Ketenagakerjaan melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Tabalong, kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi . Pelatihan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya tahap pertama lulus 95 persen melalui dana APBN tahun 2019.

Pelatihan kompetensi kali ini melibatkan 144 peserta, yang terbagi ke dalam 9 jurusan. Seperti jurusan mekanik junior mobil, operator menjahit pakaian dasar, operator basic office, akuntansi junior, junior teknisi support, instalasi tenaga, pendingin AC, las swaw 3G, dan autocad. Masing-masing jurusan diisi 16 orang peserta.

Pelatihan ini untuk menambah keterampilan masyarkat, baik sebagai pekerja maupun wirausaha. Kepala UPT Blk Tanjung Suhartojo, berharap, output yang dihasilkan melalui pelatihan BLK mampu bersaing di dunia kerja, baik sebagai pekerja mapun wirausahawan.

“angkatan kedua ini sebanyak 144 peserta, angkatan pertama sudah selesai sebanyak 160 peserta” kata Suhartojo

“Alhamdulillah angkatan pertama 95 persen lulus. Biasanya mereka ngelamar kerja ke Perusahaan”

“bahkan sebelum lulus ada yang sudah ditawari bekerja di perusahaan, Alhamdulillah”

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Tabalong Aberani Aberar, yang mewakili bupati mengungkapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri peserta untuk membuja peluang usaha secara mandiri, karena jumlah lapangan kerja yang semakin sempit.

 “maka itu saya berharap melalui kegiatan pelatihan keterampilan tenaga kerja ini, akan menghasilkan perkerja-perkerja yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik” kata Aberar dalam sambutannya

“Jadi kepada seluruh peserta yang mendapatkan kesempatan baik seperti ini hendaknya tidak disia-siakan”

Aberar menambahkan, pemerintah berupaya meningkatkan anggaran APBD untuk program kewirausahaan masyarakat di Tabalong. Sehingga wirausaha di Bumi Sarabakawa terus berkembang.

Reporter : Normansyah  | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: