Home Tabalong Hari IniHarga Bapok Pedagang Sebut Musim Panas Jadi Sebab Tingginya Harga Cabai

Pedagang Sebut Musim Panas Jadi Sebab Tingginya Harga Cabai

by tabalong hari ini
0 comment

Meski harga bahan pokok penting atau Bapokting secara umum terpantau stabil jelang Hari Raya Idul Adha, namun terdapat satu bahan pokok yang harganya relatif tinggi, yaitu cabai tiung.

Terpantau pada Selasa, 6 Juni 2023, harga cabai tiung di Pasar Bauntung Tanjung berkisar antara 40 hingga 45 ribu rupiah per kilogram. Harga ini pun terbilang tinggi dibanding harga normalnya yang berkisar di antara 25 hingga 30 ribu rupiah per kilogram.

Aban, pedagang cabai di Pasar Tanjung, mengatakan bahwa kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sejak satu minggu terakhir.

Dirinya menduga kenaikan terjadi lantaran kondisi cuaca yang telah memasuki musim kemarau. Hal ini pun berdampak pada banyaknya tanaman cabai yang rusak, kerusakan, dan gagal panen. Sehingga harga beli di tingkat petani pun meningkat tajam.

“Naik gara-gara cuaca, sak iya soalnya harinya panas terus. Nah, Lombok ini kan butuh banyu, butuh air gasan pertanian. Kalau kurang air, bisa gagal panen. Jadi, sedikit naik lah Lombok ini.” ujar Aban, pedagang cabai.

Aban mengaku untuk memenuhi kebutuhan cabai saat ini ia harus mengambil stok dari luar Kabupaten Tabalong. Diperkirakan harga cabai akan terus naik hingga Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah mendatang.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Tabalong Raih Peringkat 4 di Ajang MTQ Kalsel ke-34

Related Articles

Leave a Comment