Pecaturan Tabalong Beradu di MACABAR III

by tabalong hari ini
0 comment

Berbagai upaya dalam meningkatkan dunia percaturan di Tabalong terus dilakukan Percasi Tabalong, salah satunya dengan mengadakan even bulanan bertajuk Macabar atau main catur bareng. Macabar diikuti puluhan pemain catur dari Tabalong maupun luar Tabalong.

Persatuan catur seluruh Indonesia, Percasi Tabalong, menggelar even bulanan macabar atau main catur bareng, pada 11 Februari 2023. Macabar kali ini merupakan even ke tiga yang rutin dilaskanakan Percasi Tabalong setiap tiga minggu atau satu bulan sekali.

Antusias pemain catur dalam even macabar terus meningkat, ditandai dengan semakin banyaknya peserta yang ikut dalam even ini. Pada Macabar ke-3 peserta yang ikut mencapai 52 orang, mulai dari pemain lokal, kabupaten tetangga bahkan dari luar provinsi kalsel yakni dari grogot dan longikis Kabupaten Paser.

Ketua Percasi Tabalong, Teguh Umadi menjelaskan, Macabar dirancang menyerupai pertandingan turnamen catur sesungguhnya, sebagai upaya Percasi Tabalong dalam meningkatkan semangat atlet lokal Tabalong, sehingga para atlet maupun pemain yang ada di desa-desa bisa bergabung dengan Percasi Tabalong. Ia pun menilai even rutin ini harus dilakukan melihat prestasi catur Tabalong yang belum maksimal di Porprov HSS tahun lalu.

 “Macabar ini tujuannya yaitu meningkatkan gairah pecaturan Tabalong dan akhirnya kita bisa menemukan kandidat-kandidat yang terbaik untuk kita latih, untuk menuju porprov yang akan datang Tahun 2025, target kita memang bagaimanapun caranya kita harus sukses mendapat emas“ jelas Teguh Umadi.

Teguh Umadi pun berharap KONI Tabalong bisa memberikan dukungan dengan menghadirkan pelatih yang memiliki pendidikan catur, pasalnya saat ini para atlet lokal di Tabalong masih bermain dengan cara otodidak, tidak dengan sekolah catur yang memiliki trik dan kemampuan khusus dalam membaca langkah per langkah.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment