Pastikan Ketahanan Pangan Tabalong Tak Terganggu, Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rapat Koordinasi

TVTABALONG.COM – Dewan Ketahanan Pangan Tabalong, untuk pertamakalinya menggelar rapat koordinasi pada Kamis (16/5/2019) di Tanjung, pasca dibentuk beberapa waktu lalu.

Rapat ini membahas gambaran kondisi ketahanan pangan di Tabalong, permasalahan yang dihadapi, serta solusi yang ditawarkan.

Dewan Ketahanan Pangan terdiri dari berbagai organisasi perangkat daerah, seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas PUPR, PKK Tabalong, Disperindag, Dinas Kesehatan dan instansi pemerintahan lainnya. Dengan sekretariat dipegang oleh Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Fahrial Fuady, mengatakan, rapat koordinasi ini untuk memastikan terpenuhinya pangan bagi daerah, sampai dengan perseorangan yang tercermin dari cukupnya ketersediaan pangan, baik jumlah maupun mutunya. Serta memastikan kondisi pangan aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau.

 “jadi sebenarnya ini wadah untuk kita untuk menyampaikan koordinasi dengan SKPD terkait maupun tukar menukar data, infomasi untuk berdiskusi, bagaimana kita menangani ketahanan, apa itu ketersediaan, distribusi maupun pemanfaatan makanan” jelas Fuady

serta berharap adanya program-program dari SKPD yang terintegrasi dengan ketahanan pangan, misalnya daerah rawan pangan dan daerah rentan rawan pangan

Sekretaris Daerah Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji, menginginkan Dewan Ketahanan Pangan mampu berjalan semaksimal mungkin, dengan menjaga koordinasi antar SKPD. Sehingga kepentingan masyarakat tak tekendala.

“kita harus bekerja sama seperti Dinas Pertanian dan kontribusinya Dinas Sosial dan lain sebagainya, nah itu sangat penting” kata Abdul Muthalib pada peserta rapat.

“Kadang-kadang kita tidak berkoordinasi, masing masing maunya ego, ya sendiri-sendiri. semua itu ada” tambahnya

“kami ingin bahwa semua dinas atau SKPD yang ada di Dewan Ketahanan Pangan ini, betul-betul memberikan kontribusi yang maksimal, saling berbagi informasi”

Abdul Muthalib mengharapkan, Dewan Ketahanan Pangan dapat menghasilkan solusi rumusan yang nantinya sejalan dengan kebijakan strategis pangan dan gizi.

Terutama untuk meningkatkan kedaulatan pangan, akses pangan masyarakat, pengembangan pangan lokal dan keamanan pangan, serta penanganan masalah gizi hingga penguatan kelembagaan pangan.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: