Home Tabalong Hari IniHarga Bapok Pasar Murah TPID Kalsel Bersama TPID Tabalong Digelar 3 Hari

Pasar Murah TPID Kalsel Bersama TPID Tabalong Digelar 3 Hari

by tabalong hari ini
0 comment

Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID Provinsi Kalimantan Selatan bersama TPID Tabalong kembali menggelar pasar murah. Pasar murah digelar dalam upaya menekan inflasi di Kalimantan Selatan.

Pasar Murah TPID Kalsel bersama TPID Tabalong digelar di Taman Giat Kota Tanjung selama 3 hari, mulai Selasa, 23 Mei hingga Kamis, 25 Mei 2023.

Berbagai kebutuhan pokok dijual murah di pasar ini, mulai dari minyak goreng dijual Rp11.500 per liter, tepung Segitiga Biru Rp11.500 per kilogram, gula putih Rp12.000 per kilogram, bawang merah Rp32.000 per kilogram, bawang putih Rp33.000 per kilogram, cabe rawit Rp30.000 per kilogram, cabe keriting Rp50.000 per kilogram, beras premium Rp50.000 per kilogram, telur ayam ras Rp50.000 per rak, dan beragam kebutuhan pokok lainnya.

Saar dijumpai pada pelaksanaan pasar murah hari pertama, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, mengatakan bahwa pasar murah kali ini digelar untuk membantu kebutuhan masyarakat. Selain itu, pasar murah juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka inflasi khususnya di Kalimantan Selatan.

“Ya, pasar murah kita laksanakan setelah mengamati hasil rilis dari BPS Provinsi Kalimantan Selatan yang ternyata Kalimantan Selatan, meskipun pada bulan April terjadi penurunan inflasi, tetapi masih saja di atas dari rata-rata nasional. Sehingga Pak Gubernur mengintruksikan bahwa dalam rangka menangani inflasi ini perlu kembali dilaksanakan pasar murah,” ujar Birhasani, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga  BMKG : 3 Bulan Cukup Untuk Pengukuran Cuaca Rencana Bandara Kambitin

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A. Yani, mengatakan bahwa Pemkab Tabalong akan terus mendukung berbagai upaya Pemprov Kalsel dalam pengendalian inflasi daerah.

“Kami mendukung dari segi kesiapan lokasi atau fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Kali ini kita sengaja mengalihkan kegiatan sebelumnya di Plaza Umaiyyah karena kami melihat di sini lokasinya lebih luas, lebih strategis, dan kondisinya sangat mendukung untuk pelaksanaan pasar murah pada hari ini dibandingkan kemarin yang di Plaza Umaiyyah,” ujar Noorzain A. Yani, Asisten Bidang Perekonomian & Pembangunan Setda Tabalong.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan, pada April 2023, inflasi year on year di Kalsel mengalami penurunan dari sebelumnya 6,56 persen menjadi 5,47 persen. Meski mengalami penurunan, angka inflasi ini masih berada di atas angka inflasi nasional, yaitu sebesar 4,33%.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)Top of Form

Related Articles

Leave a Comment